GANJIL GENAP : SOLUSI MEMECAH KEMACETAN JALAN IBUKOTA

1
18

Saat penulis berada di Ibukota Jakarta, Selasa (29 Oktober 2019) ada yang sangat menarik yaitu ketika penulis menaiki sebuah taksi online dan sambil berbincang-bincang ringan dengan driver taksi tentang beberapa hal kondisi di Jakarta saat ini, antara lain adanya pemberlakuan ganjil genap  bagi pemilik mobil  yang melintasi jalan-jalan tertentu di Jakarta ini.

Memang ibukota Jakarta saat ini sudah dikatakan sangat macet  karena terlalu banyaknya pengguna jalan raya baik jalan tol maupun jalan-jalan raya biasa sehingga pemberlakuan kendaraan roda empat atau mobil pada jalan-jalan tertentu dengan menggunakan plat ganjil genap adalah sebuah solusi pemecah kemacetan jalan tersebut, demikian yang disampaikan driver taksi online tersebut.

Lebih lanjut dikatanya bahwa pemberlakuan sistem ganjil genap ini dilaksanakan pada hari dan jalan tertentu saja dan sudah disepakati melalui peraturan daerah DKI Jakarta, yaitu pada tanggal ganjil maka diberlakukan plat nomor akhir yang ganjil, demikian pula pada hari tanggal genap diberlakukan plat nomor akhir yang genap sehingga ini akan memudahkan mengingat bagi pemilik mobil tersebut. Akan tetapi hal ini tidak diperlakukan bagi pemilik mobil yang menggunakan plat kuning atau plat merah.

Secara kasat mata, ketika penulis berada di Jakarta melintasi jalan-jalan tertentu agak lenggang dan tidak macet, akan tetapi pada jalan-jalan tertentu yang tidak diberlakukan sistem ganjil genap ini tetap dalam kondisi macet.

Sehingga dapat diberlakukan secara menyeluruh ketika mau Jakarta tidak macet, akan tetapi perlu sistem dan peraturan yang tegas dan pemantauan dari aparat lalu lintas jalan raya yang ekstra keras untuk menyukseskan sistem ini dan semoga sistem genajil genap ini juga bisa diterapkan oleh daerah-daerah lain yang padat dengan kendaraan dan mobil di jalan rayanya seperti Surabaya, Makassar dan lain sebagainya.

Views All Time
Views All Time
39
Views Today
Views Today
1

1 COMMENT

LEAVE A REPLY