GANTI-GANTI ISTILAH SEIRING PERGANTIAN KURIKULUM

0
31

Banyak pihak berpendapat bahwa perubahan kurikulum membawa pendidikan di negeri ini mengalami peningkatan kualitas, peningkatan layanan, dan penyesuaian pendidikan dengan perkembangan teknologi. Namun yang terjadi pada pendidikan di negeri ini tidaklah demikian. Meskipun telah berkali-kali pendidikan telah mengalami perubahan tetapi kualitas pendidikan belum mengalami kemajuan dalam hal peningkatan kualitas. Meskipun pendanaan untuk pendidikan terus ditingkatkan, tetapi kualitas lulusan sekolah belum banyak diharapkan. Hanya beberapa lembaga pendidikan tertentu saja yang mengalami peningkatan, karena pendidikan di lembaga pendidikan tersebut secara kualitas memang lebih baik dibanding lembaga pendidikan lainnya, baik di tingkat sekolah dasar, sekolah menengah maupun perguruan tinggi. Apabila kita telaah bersama perubahan-perubahan yang terjadi belum merupakan perubahan yang mendasar berkaitan dengan kualitas pendidikan, tetapi perubahan-perubahan yang ringan, seperti perubahan istilah. Dan tidak jarang perubahan bukan peningkatan melainkan penurunan, karena ketika ditetapkan di lapangan tidak terlaksana dengan baik sesuai konsep yang dikehendaki. Sejak awal kemerdekaan telah mengalami pergantian kurikulum berkali-kali, tidak sedikit perubahan istilah dalam dunia pendidikan setelah terjadi perubahan kurikulum, antara lain :
1. Sistem pengajaran nasional pada awal kemerdekaan menjadi sistem pendidikan nasional
2. Istilah menteri pengajaran telah berubah menjadi menteri pendidikan
3. Ajaran Ki Hajar Dewantara yang dikenal dengan sistem among tidak nampak lagi, kini telah berubah menjadi pendidikan karakter.
4. Pelajarn Civic telah mengalami banyak perubahan seperti PMP, PPKn, dan sekarang mejadi PKn
5. Ilmu bumi telah berubah menjadi geografi
6. Nama sekolah STM dan SMEA telah berubah menjadi SMK
7. SMA telah mengalami perubahan beberapa kali seperti SMU,SLTA, dan sekarang kembali menjadi SMA, begitu juga mengenai jurusan di SMA dari Jurusan IPA, Sosial, dan Bahasa menjadi juran A1, A2, A3, dan sekarang kembali seperi yang lama
8. SMP juga mengalami perubahan beberapa kali seperti, SMTP, SLTP, sekarang kembali menjadi SMP
9. Pendidikan karakter yang sekarang sedang dikembangkan sebenarnya sudah ada sejak awal pendidikan, dimana semula istilahnya pendidikan nilai dan sikap.
10. Tingkatan kelas telah berubah, dimana semula masing-masing jenjang dimulai dari kelas I (satu), sekarang berkelanjutan sehingga sekarang tidak ada istilah kelas I SMP maupun kelasa I SMA/SMK, tetapi yang ada kelas 7,8, 9 untuk SMP dan 10, 11, 12 untuk SMA/SMK, tetapi tidak kadak kelas 13 dan selanjutnya untuk perguruan tinggi
11. Istilah siswa telah berubah menjadi peserta didik dari kelas 1 SD s.d SMA tetapi di perguruan tinggi tetap menggunakan istilah mahasiswa bukan maha peserta didik.
Terlalu banyak perubahan sehingga terlalu banyak apabila dituangkan dalam artikel ini sehingga penulis malas membacanya. Perubahan-perubahan di atas tidak mempengaruhi terhadap peningkatan kualitas pendidikan, tetapi hanya membedakan dekade kepemimpinan menteri yang mengaturnya. Tidak sedikit dana yang dikeluarkan hanya untuk perubahan istilah seperti di atas, karena ketika berubah istilah maka semua yang berkaitan dengan pendidikan yang ada di seluruh wilayah di Indonesia dan semua jenjang. Hal sekecil apapun akan mengeluarkan biaya, seperti papan nama, stempel, dan lain-lain.
Sayang sekali pendidikan di negeri ini, meski menjelang 73 tahun kemerdekaan dan pendidikan di negeri ini tetapi para petingginya hanya pandai melakukan perubahan istilah, bukan peningkatan kualitas, termasuk Kurikulum 2013 yang berlangsung sekarang, banyak sekali perubahan dan akibat banyaknya tuntutan pekerjaan yang harus diselesaikan serta memakan banyak pikiran, sehingga para guru menjadi cepat beruban (rambut putih).

Sampai kapanpun pendidikan di negeri ini tidak akan mengalami peningkatan apabila menterinya hanya pandai mengganti istilah di lingkungan pendidikan. Tetapi ketika kualitas pendidikan merosot gurulah yang dijadikan kambing hitam.

Views All Time
Views All Time
81
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY