GELIS DI SD SIHOUM

0
10

GELIS yang kami lakukan pada hari Kamis Tanggal 10 Januari 2019 bertempat di SDN Sihoum, para siswa dan guru sepakat untuk membuat karya berupa puisi. Kepala Sekolah dan dwan guru SDN  Sihoum sangat antusias menerima kami untuk berliterasi, hingga menerbitkan buku.

Dalam sambutannya kepala sekolah menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

Era abad 21 ini kemampuan berliterasi merupakan dasar dari salah satu proses pembelajaran sepanjang hayat. Guru dan siswa dituntut ketrampilan membaca yang tinggi untuk memahami informasi secara kritis, analitis dan reflektif. Akan tetapi dapat kita melihat bersama kemampuan akan hal tersebut masih belum terwujud.Literasi merupakan keterampilan yang saat ini sangat didibutuhkan untuk perkembangan pribadi dan sosial agar dapat memahami, mempergunakan, dan menciptakan berbagai bentuk informasi untuk perkembangan diri dan sosial dalam rangka pembangunan kehidupan yang lebih baik. Literasi mengacu pada kemampuan membaca, menulis dan mempergunakan berbagai media sebagai sumber belajar secara kritis.

Literasi yang dibutuhkan di abad 21 di antaranya adalah kemampuan komunikasi, berbahasa, keterampilan mempergunakan dan mengolah informasi. Ini semua membutuhkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Menjawab tantangan abad 21  maka sangat diperlukan sebuah gerakan untuk membudayakan membaca dan menullis hingga menerbitkan buku.

Tujuan Kegiatan

  1. Penguatan karakter siswa dalam mempersiapkan daya saing menghadapi

kompetensi abad 21

  1. Memotivasi siswa dan guru agar dapat aktif, kreatif untuk menulis sampai

menerbitkan buku

  1. Mempersiapkan generasi yang siap menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi –

Asean).

  1. Mempersiapkan generasi yang siap menghadapi era revolusi industri 4.0

Mamfaat Kegiatan

  1. Menumbuhkembangkan budi pekerti melalui pembudayaan ekosistem literasi

agar menjadi pembelajar sepanjang hayat

  1. menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah
  2. Meningkatkan kapasitas warga sekolah agar literat
  3. Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menciptakan buku bacaan  bervariasi untuk mewadahi strategi membaca
  4. Menumbuhkan semangat membaca di sekolah dengan buku karya siswa dan guru sendiri.
Views All Time
Views All Time
27
Views Today
Views Today
1
Previous articleJADI 12 PELATIH NASIONAL WORKSHOP SAGUSABLOG ONLINE DARI SUMATERA UTARA
Next articleKENANGAN BERKUNJUNG KE BALI
Nama :Juwita, S.Pd Tempat tanggal lahir :Aceh besar 15 Maret 1978 Tempat tugas :SDN 1 Indrapuri Hobi: membaca, menulis, dan bersih-bersih Berstatus kawin dan memiliki 1 putri dan 2 orang putra, Tinggal di Desa Lambunot, Kecamatan Simpang Tiga,Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Mengecap pendidikan Min Paya Seunara Sabang, Lalu SMP 6 Kota Sabang,SMU di Banda Aceh, Lalu kuliah D-II di STKIP Getsempena. Melanjutkan S-1 FKIP Universitas Serambi Mekkah. Menjadi guru PNS April 2006,pertama mendapat SK di SDN Mureu Indrapuri, setahun kemudian di mutasi ke SDN 1 Indrapuri sampai sekarang,,, Pengalaman selama menjadi guru,,, pernah bersama DBE-2 sebagai fasilitator Sains, Fasilitator di HKI, Guru inti di gugus, dan memfasilitasi beberapa kegiatan di UPTD. Dalam mengembangkan kompetensi pernah mengikuti guru berprestasi tahun 2014, namun hanya mendapat juara 3 tingkat provinsi. Terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk dapat bergabung di blog.igi yang is the best,,semoga kita selalu sharing and growing together. salam satu hati guruku di Indonesia, ditangan kita ujung tombak bangsa.

LEAVE A REPLY