GERAKAN LITERASI DI SDN 2 KOTA JANTHO

0
9

GERAKAN LITERASI DI SDN 2 KOTA JANTHO

Senin 11 Februari 2019 tim literasi Aceh Besar mensosialisasikan gerakan literasi di sekolah SPT tingkat SD,ini merupakan hari kedua dalam jadwal yang sebelumnya hari Sabtu tanggal 9 Februari sudah melaksanakan sosialisasi di SDN Lampeunerut. Hari kedua ini tim satu melakukan gerakan di SDN 2 Kota jantho, sedangkan tim 2 melakukan gerakan di SDN Sibreh.

Tim 2 yaitu Juwita dan Lisa Fiyerni, disambut dengan hangat oleh kepala sekolah dan dewan guru di sekolah SDN 2 Kota Jantho. Tanpa membuang waktu tim bersama guru di sekolah tersebut langsung mempersiapkan perlengkapan untuk kegiatan sosialisasi gerakan literasi.

Dalam kunjungan sosialisasi tim satu ke SDN 2 Kota Jantho, Nurlaili, S.Pd selaku kepala sekolah memberikan arahan pada awal acara gerakan tersebut, dengan menyampaikan bahwa gerakan literasi ini adalah suatu sikap yang sangat bagus ditengah-tengah krisisnya bakat minat membaca dan menulis siswa, tidak menutup mata guru di daerah kita Aceh Besar masih bisadikatakan kurang minat baca, serta perlu didukung oleh semua pihak,  khususnya di sekolah yang beliau pimpin saat ini. Secara umum beliau mengatakan bahwa literasi  sudah dipahami oleh guru disekolah tersebut, akan tetapi untuk pendalamannya serta pelaksanaan yang detail hingga menerbitkan buku belum dipahami oleh guru, maka dengan adanya gerakan dan perhatian serius dari dinas sekolah tersebut,maka kedepan akan berusaha untuk melakukan sesuai dengan tutntutan yang benar. Harapannya siswa dan guru disekolah yang beliau pimpin akan lebih termotivasi untuk berliterasi.

Selesai kepala sekolah memberikan arahan, lalu dilanjutkan dengan inti sosialisasi yang diisi oleh Ibu Juwita, S.Pd, dan Ibu Lisa Fiyerni,S.Pd, siswa didampingi oleh guru wali kelas dari sekolah tersebut.Jumlah peserta sebanyak 40 siswa dan 4orang guru pendamping. Siswa sangat antusias memperhatikan acara sosialisasi, saling tanya jawab, dan dilanjutkan dengan gerakan menulis puisi langsung diruang pertemuan.  Selesai semua siswa berkarya, lalu beberapa siswa yang puisi sangat bagus diminta untuk maju kedepan membacakan puisi hasil karya sendiri. Kegiatan berlangsung selama setengah hari.

Akhir sesi, tim menjelaskan kepada guru dan siswa  bahwa sekolah dengan tim akan selalu berkoordinasi untuk merampungkan karya siswa hingga menghasilkan karya menjadi sebuah buku ber-ISBN, serta dilakukan penilaian untuk perlombaan di bulan  Juli 2019, dan September nanti di hari HARDIKDA akan diumumkan pemenang beserta reward untuk tingkat sekolah SPT.

 

Views All Time
Views All Time
44
Views Today
Views Today
1
Previous articleKETIKA PINTU ILMU TELAH TERTUTUP
Next articlePENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN
Nama :Juwita, S.Pd Tempat tanggal lahir :Aceh besar 15 Maret 1978 Tempat tugas :SDN 1 Indrapuri Hobi: membaca, menulis, dan bersih-bersih Berstatus kawin dan memiliki 1 putri dan 2 orang putra, Tinggal di Desa Lambunot, Kecamatan Simpang Tiga,Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Mengecap pendidikan Min Paya Seunara Sabang, Lalu SMP 6 Kota Sabang,SMU di Banda Aceh, Lalu kuliah D-II di STKIP Getsempena. Melanjutkan S-1 FKIP Universitas Serambi Mekkah. Menjadi guru PNS April 2006,pertama mendapat SK di SDN Mureu Indrapuri, setahun kemudian di mutasi ke SDN 1 Indrapuri sampai sekarang,,, Pengalaman selama menjadi guru,,, pernah bersama DBE-2 sebagai fasilitator Sains, Fasilitator di HKI, Guru inti di gugus, dan memfasilitasi beberapa kegiatan di UPTD. Dalam mengembangkan kompetensi pernah mengikuti guru berprestasi tahun 2014, namun hanya mendapat juara 3 tingkat provinsi. Terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk dapat bergabung di blog.igi yang is the best,,semoga kita selalu sharing and growing together. salam satu hati guruku di Indonesia, ditangan kita ujung tombak bangsa.

LEAVE A REPLY