GERAKAN LITERASI DI SDN SAMAHANI

0
33

GERAKAN LITERASI DI SDN SAMAHANI

OLEH : JUWITA,S.PD

Rabu ceria tanggal Februari 2019 merupakan hari ke empat tim 1 literasi Aceh Besar turun ke sekolah untuk sosialisasi gerakan membaca dan menulis (literasi) ditingkat sekolah SPT. Hari begitu cerah, jam 7.15 saya sudah berada di sekolah, saya disambut oleh dewan guru dan kepala sekolah Bapak Nasruddin,S.Pd serta disalami oleh siswa-siswi. Bapak koordinator tim literasi Aceh Besar Bapak Rusydi Adi, S,Ag dengan sigap dan gerak cepat mendokumentasikan kegiatan pagi di sekolah tersebut. Aktifitas pagi yang saya lihat mereka bersama-sama membacakan Asmaul Husna dan membaca nama-nama surat dalam Al-qur’an. Hasil bincang-bincang dengan kepala sekolah aktifitas sebelum jam 8.00 wib atau sebelum belajar yaitu hari Senin  bendera, Selasa baca ayat pendek, hari Rabu membaca Asmaul-Husna, hari Kamis membaca Juz-‘Amma, hari Jum’at membaca Yasin, dan hari Sabtu senam pagi.

Pelaksanaan acara dilakukan didalam ruangan kelas, karena gugus Samahani tidak memiliki ruang pertemuan, dan di SD Samahani tidak memiliki ruang pustaka khusus, ruang pustaka di fungsikan dengan ruang guru.

Jumlah peserta dalam gerakan literasi di SDN Samahani sebanyak 66 siswa dari kelas 4, 5 dan 6, serta 3 orang guru pendamping. Tim, guru dan siswa bersama-sama menuju keruang kelas dimana kegiatan diadakan. Langsung saja kepala sekolah membuka acara dengan menyampaikan bahwa siswa harus mengikuti dengan serius memperhatikan ketika tim menjelaskan tentang literasi, dan kita harus bersama-sama menuju kearah yang lebih baik.

Dilanjutkan arahan dari Bapak koordinator tim literasi, program literasi di sekolah SPT merupakan program literasi dinas, dengan harapan kedepan siswa mampu berkarya sampai menghasilkan buku. Siswa mampu mengabadikan pengalaman pribadi, dan lainnya. Selama ini kita hanya membaca karya orang lain, jadi mari sekarang kita berkarya  dan membaca buku karya sendiri. Jadikan membaca dan menulis sebagai budaya untuk berhijrah dengan hal positif untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Sesi sosialisasi dilanjutkan oleh ibu Juwita, S.Pd, dan dibantu oleh ibu Lisa Fiyerni,S.Pd. Sosialisasi berlangsung tertib, walaupun didalam ruangan yang agak sempit, siswa memperhatikan dengan serius, tidak lupa diselingi dengan menyanyi lagu “ literasi” bersama. Tim sepakat dengan siswa di sekolah tersebut untuk menulis cerita mini, dan memberikan waktu selama satu jam kepada siswa untuk menulis, mengingat tempat duduk yang berdesakan tim dengan sekolah sepakat untuk membuat dua ruangan, siswa laki-laki semuanya dimasukkan kedalam ruang kelas yang lain.

Selesai siswa selesai menulis cerita mini, tim memilih karya siswa-siswi yang baik untuk sampel presentasi. 1 orang siswi yang karyanya sangat bagus diantara lainnya yaitu Dara Arsita siswi kelas 6 dengan judul cermin “bersikap jujur”.

Penutupan sesi tim menjelaskan kepada guru dan siswa  bahwa sekolah dengan tim akan selalu berkoordinasi untuk merampungkan karya siswa selama dua bulan hingga menghasilkan karya menjadi sebuah buku ber-ISBN, serta dilakukan penilaian untuk perlombaan di bulan  Juli 2019, dan September nanti di hari HARDIKDA akan diumumkan pemenang beserta reward untuk tingkat sekolah SPT.

 

Views All Time
Views All Time
79
Views Today
Views Today
1
Previous articleCERMIN KARYA SISWI SDN SAMAHANI
Next articleKAJIAN PUISI SD 2 INDRAPURI
Nama :Juwita, S.Pd Tempat tanggal lahir :Aceh besar 15 Maret 1978 Tempat tugas :SDN 1 Indrapuri Hobi: membaca, menulis, dan bersih-bersih Berstatus kawin dan memiliki 1 putri dan 2 orang putra, Tinggal di Desa Lambunot, Kecamatan Simpang Tiga,Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Mengecap pendidikan Min Paya Seunara Sabang, Lalu SMP 6 Kota Sabang,SMU di Banda Aceh, Lalu kuliah D-II di STKIP Getsempena. Melanjutkan S-1 FKIP Universitas Serambi Mekkah. Menjadi guru PNS April 2006,pertama mendapat SK di SDN Mureu Indrapuri, setahun kemudian di mutasi ke SDN 1 Indrapuri sampai sekarang,,, Pengalaman selama menjadi guru,,, pernah bersama DBE-2 sebagai fasilitator Sains, Fasilitator di HKI, Guru inti di gugus, dan memfasilitasi beberapa kegiatan di UPTD. Dalam mengembangkan kompetensi pernah mengikuti guru berprestasi tahun 2014, namun hanya mendapat juara 3 tingkat provinsi. Terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk dapat bergabung di blog.igi yang is the best,,semoga kita selalu sharing and growing together. salam satu hati guruku di Indonesia, ditangan kita ujung tombak bangsa.

LEAVE A REPLY