Google Calendar: Sang Pengingat Jadwal Mengajar

0
348
Keharusan mengajar 24 jam, kadang membuat kita mengajar pada beberapa sekolah yang berbeda. Banyaknya kelas yang diampu, kadang menjadi kendala tersendiri dalam mengingat jadwal mengajar yang menghampiri. Kini, dengan hadirnya teknologi Smartphone berbasis Android, masalah tersebut bisa diatasi.
Google Calendar, merupakan salah satu aplikasi standar yang dimiliki Smartphone Android. Aplikasi ini, seringnya hanya difungsikan sekadar untuk melihat tanggal. Kini dapat ditingkatkan fungsinya sebagai asisten pribadi yang senantiasa mengingatkan kita, kapan dan dimana kita harus mengajar setiap hari. Tertarik mengimplementasikannya? Silahkan ikuti panduan di bawah ini.
1. Siapkan dokumen jadwal mengajar dari sekolah
2. Aktifkan Google Calender di Smartphone, kemudian klik launcher Calendar tersebut.
3. Klik tanggal mengajar yang akan kita atur jadwalnya, misal 07 September 2016.
    Klik Ikon plus pada aplikasi Calendar yang sudah aktif, untuk menambahkan New Event.
 
4. Isi data jadwal mengajar pada New Event
    Pada bagian inilah, kita mengisikan data jam mengajar kita. Misal kita atur sebagai berikut:
    Hasil akhir dari pengaturan di atas, adalah :
Pengaturan di atas, hanya berlaku untuk tanggal tersebut (one time event), agar jadwal tersebut berlaku untuk satu semester, maka harus mengatur fitur Repetition. Bagaimana cara mengaturnya, ikuti terus panduan berikut.
Scroll ke bawah sampai menemukan menu Repetition. Awalnya, pilihannya berisi  one time event, untuk mengaktifkan biar satu semester, geser slider OFF menjadi ON pada bagian Repeat Weekly, pada pilihan Forever di pilih Until a date. Pilih tanggal akhir semester, yaitu 31 Desember 2016. Jangan lupa tekan tombol OK.
Jika sudah dilakukan semua pengaturan di atas, maka klik tombol centang.
Selesailah proses pengaturan jadwal pada kelas tersebut untuk satu semester. Hasil akhirnya, bisa dilihat pada gambar di bawah ini:
Untuk kelas yang lain, ulangi langkah tersebut di atas.

Semoga tutorial singkat ini, dapat menambah kompetensi kita dalam mengoptimalisasi program Satu Guru Satu Tablet (Sagusatab). Selamat mencoba!

Penulis:
Topari, ST
Sekretaris IGI Gunungkidul
Leader Google Educator Group Yogyakarta.

Views All Time
Views All Time
393
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY