Google Workspace for Education Fundamentals Solusi Pembelajaran di Era Digitalisasi

1
17

Sejak diketemukan mesin uap abad 18 lalu sebagai penanda dimulainya revolusi industri, kehidupan masyarakat mengalami percepatan perubahan yang sangat pesat. Mulai hadirnya pabrik-pabrik bertenaga uap, pemanfaatan tenaga listrik, diciptakannya mobil, hingga ledakan penggunaan informasi digital melalui komputer dan ponsel cerdas.

Saat ini kita sedang berada di era rovolusi industri 4.0, dimana tren dunia industri menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi siber. Penggunaan istilah ini diawali oleh salah satu proyek canggih dari jerman tahun 2020 yang menggunakan otomatisasi dan pertukaran data pada sistem komputerisasi pabrik. Aplikasi yang digunakan mencakup internet of things (IoT), artificial intelligence, machine learning, blockchain, serta driverless vehicle.

Perubahan ini tentunya juga berdampak pada dunia pendidikan. Revolusi industri 4.0 dalam dunia pendidikan diharapkan mampu mendukung daya kreatifitas dan inovasi siswa. Merubah pola belajar dan pembelajaran, serta pola berfikir siswa, guru dan para pemangku kebijakan dengan solusi gratis dan aman. Proses adaptasi ini tentunya harus dilakukan dengan cara simultan, menjawab setiap tantangan zaman.

Kehadiran Google Suite for Education yang kini berubah menjadi Google Workspace for Education Fundamentals tentunya sangat tepat digunakan dalam beradaptasi di era revolusi industri 4.0, tak terkecuali dunia pendidikan. Rangkaian perangkat yang mudah digunakan secara gratis, memberikan dasar yang fleksibel dan aman untuk pembelajaran, kolaborasi, dan komunikasi. Beberapa fitur penting yang tersedia diantaranya Google sheets, Google docs, dan Google Drive. Jika terbiasa menggunakan MS. Office, tentu tidak asing dengan fitur-fitur yang tersedia di Google Workspace for Education Fundamentals.

Beberapa keunggulan Google Workspace for Education Fundamentals diantaranya :  Kompatibiltas, dimana pemilik akun gmail akan dapat dengan mudah berganti akun G Suite; kemudahan berbagi informasi data ke pengguna lainnya dalam satu grup; user interface yang ramah bahkan bagi pemula sekalipun; aplikasi terpecaya dengan sistem keamanan yang tinggi; kapasitas penyimpanan dokumen yang sangat besar; dan lain sebagainnya.

Kondisi merebaknya pandemi Covid-19 yang menuntut proses pembelajaran dilakukan secara daring harus dijadikan sebagai momentum untuk percepata proses adaptasi dengan era revolusi industri 4.0 dengan menerapkan Internet of Things (IoT). Upaya pemerintah melalui berbagai kebijakan patut diapresiasi. Peluncuran akun belajar.id pada tahun 2020 sebagai pendukung pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) untuk jenjang SD sampai SMA/SMK seyogyanya dimanfaatkan secara meluas menjangkau berbagai daerah di Indonesia tanpa terkecuali. Melalui berbagai jenjang pelatihan baik tingkat Training of Trainer (TOT) maupun program pengimbasan para alumni pelatihan Google Workspace for Education Fundamentals, diharapkan dapat meningkatkan motivasi semangat belajar dan berinovasi dengan berkolaborasi dalam proses adaptasi menyambut era revolusi industri 4.0 di tengah masa pandemi.

Views All Time
Views All Time
66
Views Today
Views Today
1

1 COMMENT

LEAVE A REPLY