GURU AMANAH

0
43

GURU AMANAH

Profesi guru merupakan salah satu profesi yang sangat mulia. Guru merupakan orang  yang memiliki tugas dan tanggung jawab guna membentuk karakter, menjadikan anak didik berdaya guna sebagai generasi penerus bangsa. Di tangan guru generasi-generasi bangsa ini terbentuk sikap dan moralitasnya sehingga mampu memberikan yang terbaik untuk anak negeri ini di masa yang akan datang. Guru memberikan pengetahuannya kepada anak didiknya, sehingga anak didiknya menjadi pintar, cerdas berakhlak dan anak didiknya menjadi orang yang bersinar. Seseorang tak akan bisa menjabat sebagai presiden, menteri, gubernur, bupati, pengusaha, penulis, dan profesi-profesi lainnya tanpa jasa seorang guru.

Dalam menjalani profesi guru, pendidik sangat dituntut akan sifat amanahnya kepada siswa, dan amanahnya tersebut kelak akan dipertanggung jawabkan dihadapan Tuhan.

Berikut ini ciri pendidik yang memiiliki sifat amanah di antaranya:

  1. Guru yang menghargai waktu

Tidak semua guru mungkin bisa menghargai  waktu yang mereka miliki, mungkin karena berbagai alasan, sekalipun itu ketika mereka perlu membutuhkan lebih banyak waktu untuk bangkit memperbaiki ketika gagal. Guru  yang menghargai waktu, mereka akan semaksimal mungkin  memanfaatkan waktu dengan produktif, efektif untuk perbaikan kedepan atas kesalahan dan kekurangan yang terjadi ketika mendidik siswanya.  Tipe guru yang menghargai waktu akan cekatan dalam menentukan prioritas dan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Waktu bagi pendidik yang amanah merupakan emas paling berharga buat mengasah kemampuan, berkarya yang inovatif,kreatif,  mengembangkan profesionalitas, bersosialisasi, dan hal positif lainnya.

  1. Guru instropeksi diri

Dalam melaksanakan tugas banyak kegagalan menghampiri, guru harus menyadari bahwa ada hal yang perlu diperbaiki. Bukannya tidak mau menerima kekurangan tersebut, tapi kamu justru lebih tersadar apa yang menyebabkan belum berhasil meraih kesuksesan. Guru yang  selalu instropeksi diri akan lebih tahu bahwa ada hal-hal yang memang perlu untuk dibenahi. Guru harus punya pandangan bahwa ketika situasi membutuhkan kebenaran, kadang kesalahan menghampiri lebih dulu untuk menunjukkannya. Begitu juga guru harus tetap bisa berlapang dada untuk instropeksi diri, dan mencari tahu apa penyebab kesalahan yang sudah dilakukan, dan  bisa belajar dari pengalaman yang pernah dialami.

  1. 3. Guru yang mendalami ilmu

Dalam kehidupan banyak orang yang berbicara tentang kata atau frase berpikir positif tersebut. Ini bukti yang mengisyaratkan muncul kesadaran untuk menjadi manusia yang baik adalah menjadi dambaan. Guru yang memiliki pikiran positif  sangat dihargai dan dianggap memiliki derajat yang tinggi. Menjadi guru yang berpikiran positif dapat dicapai dengan terus memperdalam ilmu, baik ilmu duniawi maupun ilmu keagamaan.

  1. Guru yang Ikhlas

Terkadang ikhlas bukanlah hal mudah dilakukan oleh seorang guru, namun guru yang inspiratif akan mengerjakan tugas dengan penuh keikhlasan, walaupun terkadang terasa berat namun  penuh semangat dan hanya mengharap ridho Allah untuk tetap tetap melaksanakannya, meskipun kadang tugas yang dilaksanakan bukan merupakan tugasnya

  1. Guru yang Disiplin

Bagi guru inspiratif tidak menganggap disiplin dalam pengertian negatif yang pemahamannya berdekatan dengan hukuman, Bila kita kurang disiplin maka akan timbul kejenuhan, dongkol dalam hati, seolah-olah kita diatur. Tetapi bila disiplin itu tergerak dari hati nurani dan sudah merupakan cerminan kepribadian diri yang berdampak positif untuk mendukung segala bentuk aturan yang diterapkan.

Sebagai guru yang mendidik dan sekaligus pelayan bagi peserta didiknya, guru yang berkarakter amanah akan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada peserta didiknya, karena di samping sikap yang demikian akan mendapatkan perlindungan dari Allah pada hari di mana tidak ada perlindungan selain dari Allah. Semoga guru-guru hebat di negeri ini memiliki karakter demikian, dan akan lahir dari rahim pendidikan ini para penerus bangsa yang amanah.

 

Views All Time
Views All Time
146
Views Today
Views Today
1
Previous article80 GURU PEMBELAJAR HEBAT MENGIKUTI WORKSHOP SAGUSAMPE DELI SERDANG
Next articleHacked By Shinta17 aka Dimaz
Nama :Juwita, S.Pd Tempat tanggal lahir :Aceh besar 15 Maret 1978 Tempat tugas :SDN 1 Indrapuri Hobi: membaca, menulis, dan bersih-bersih Berstatus kawin dan memiliki 1 putri dan 2 orang putra, Tinggal di Desa Lambunot, Kecamatan Simpang Tiga,Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Mengecap pendidikan Min Paya Seunara Sabang, Lalu SMP 6 Kota Sabang,SMU di Banda Aceh, Lalu kuliah D-II di STKIP Getsempena. Melanjutkan S-1 FKIP Universitas Serambi Mekkah. Menjadi guru PNS April 2006,pertama mendapat SK di SDN Mureu Indrapuri, setahun kemudian di mutasi ke SDN 1 Indrapuri sampai sekarang,,, Pengalaman selama menjadi guru,,, pernah bersama DBE-2 sebagai fasilitator Sains, Fasilitator di HKI, Guru inti di gugus, dan memfasilitasi beberapa kegiatan di UPTD. Dalam mengembangkan kompetensi pernah mengikuti guru berprestasi tahun 2014, namun hanya mendapat juara 3 tingkat provinsi. Terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk dapat bergabung di blog.igi yang is the best,,semoga kita selalu sharing and growing together. salam satu hati guruku di Indonesia, ditangan kita ujung tombak bangsa.

LEAVE A REPLY