Guru dan Cara Menghipnotis Siswa Untuk Belajar

0
27

Guru adalah seseorang yang memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memberikan pendidikan serta membuat peserta didik menjadi dewasa melalui pembelajaran yang dilakukannya secara rutin dan kesungguhan serta ikhlas.

Salah satu pola atau cara peserta didik menjadi sadar untuk belajar dan memahami sebuah pelajaran yaitu melalui pola hipnoterapi yang dilakukan oleh seorang guru.

Hipnoterapi adalah suatu bentuk terapi pikiran dengan munggunakan hipnosis/hipnotis. banyak sekali manfaat dari hipnoterapi, karena ia bekerja di wilayah pikiran bawah sadar, yang menguasai 88% kontrol atas fungsi otak dan tubuh secara keseluruhan. sedangkan Hipnotis/Hipnosis adalah membawa seseorang untuk memasuki kondisi relaksasi agar bisa masuk ke pikiran bawah sadar, untuk kemudian diberikan sugesti.

Banyak orang yang belum tahu hipnosis/hipnotis/hipnoterapi, menganggap bahwa kondisi hipnosis itu sama dengan tidur atau pingsan atau tidak mendengar suatu apapun, badan tidak bisa bergerak, tidak bisa mendengarkan suara disekeliling, atau tidak bisa berbicara. Sebenarnya kondisi hipnosis adalah kondisi relaksasi tubuh dan pikiran , sama seperti anda merilekskan tubuh anda ketika hendak tidur di malam hari. Ketika anda dihipnosis, maka anda akan merasakan seluruh tubuh rileks, pikiran menjadi terfokus, perasaan damai dan tenang, dan anda tetap masih bisa mendengar suara disekeliling anda bahkan anda juga dapat menggerakkan tubuh anda.

Karena hubungannya langsung ke wilayah pikiran bawah sadar maka hipnoterapi inipun dimanfaatkan dalam berbagai kepentingnan,salah satunya yaitu untuk memberikan motivasi pendidikan.

Di bidang pendidikan dan pengembangan diri, hipnoterapi berperan pada penyiapan / penguatan prasyarat belajar, yakni kondisi emosi dan mental seorang pembelajar. Sebelum seseorang men-setting pembelajarannya, ia harus terlebih dahulu menyiapkan prasyaratnya. Kondisi mental atau emosi yang kurang stabil, masalah persepsi terhadap belajar/ pendidikan, mental blocking, “programming” yang keliru, trauma masa lalu, pengalaman kurang mengenakkan, perasaan tercemoohkan, merasa direndahkan, dsb, itu mengganggu pembelajaran yang bisa muncul kadang berupa kemalasan tanpa diketahui penyebabnya, kurang motivasi dan kurang percaya diri. Hipnoterapi berperan di sini, yakni melepas emosi-emosi negatif tersebut. Jika prasyarat utama ini telah beres barulah beranjak ke proses belajar yang sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Jadi perlu digaris bawahi bahwa melakukan hipnoterapi sama artinya anda sedang membuat program baru untuk otak anda area hipnonis adalah di pikiran bawah sadar yang mana sangat powerful karena memegang kendali 88% dari kontrol fungsi otak dan tubuh secara keseluruhan.yang artinya hipnoterapi ini juga sangat efektif untuk memberi motivasi pendidikan dan sebagainya.

Melalui teknik hipnoterapi ini, maka segala materi yang diberikan secara sadar atau dibawah sadar akan dapat diterima dan dicerna oleh seorang siswa sehingga tujuan pembelajaran akan bisa terwujud dengan baik.

#opini_159#

Views All Time
Views All Time
19
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY