Guru dan Corona

0
27

Banyak yang mengira bahwa ketika adanya wabah yang mematikan ini semua aktivitas akan berhenti. Padahal banyak hikmah yang dapat kita lakukan,  demikian juga bagi seorang guru.

Bagi seorang guru, aktivitas sekarang mengajar bisa dilakukan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan memanfaatkan media online seperti internet dan google classroom dan lain sebagainya.

Bagi guru sekarang yang melakukan pembelajaran dari rumah sesungguhnya dipaksa untuk mampu mengolah media pembelajaran berbasis internet.

Guru dipaksa untuk melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai aplikasi yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan akan digunakan.

Adanya wabah Corona ini guru dipaksa untuk mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi yang sekarang ini menjamur. Apalagi dalam peningkatan kompetensi profesionalisme guru itu sendiri melalui berbagai pelatihan atau webinar-webinar yang sejak terjadinya wabah ini kian hari kian marak.

Suka atau tidak suka, kondisi ini harus kita lakukan dan bagi seorang guru merupakan sebuah keniscayaan, kalau tidak mengikuti maka akan ketinggalan banyak.

Maraknya pelatihan dan workshop online yang digelar oleh instansi pemerintah atau swasta sangat memberikan dampak yang luar biasa bagi seorang guru.

Disamping itu masih ada oknum guru yang tidak memanfaatkan momentum berharga ini, tidak pernah mengikuti satu seminar online atau pelatihan online pun sehingga kesempatan ini hilang berlalu, padahal kegiatan nya semuanya gratis.

Memang ada beberapa alasan kenapa seorang guru mengikuti kegiatan pelatihan online ini, diantaranya hanya untuk meningkatkan kompetensi guru, dia pingin mengupgrade pengetahuan nya. Akan tetapi ada juga sebagian guru, mengikuti kegiatan pelatihan online atau seminar online hanya ingin mendapatkan sertifikat saja.

Apapun alasannya yang pasti adanya Pandemi Covid-19 ini dapat dimaknai dengan sebaik-baiknya oleh kita semua, terlebih bagi guru dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan guna peningkatan kompetensi diri dan tidak gaptek terhadap teknologi di era digital ini.

Salam Inspirasi !!!

Views All Time
Views All Time
66
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY