Guru dan Orangtua : Solusi Atasi Kecanduan Game Online Anak

0
48

Begitu maraknya pemberitaan tentang efek game online yang dilakukan oleh anak-anak muda dan bahkan banyak yang sudah dirawat di rumah sakit jiwa sehingga ini sangat memprihatinkan.

Pada wawancara pagi ini, Sabtu (02/11/2019) di stasiun televisi swasta  TV one dalam acara Apa Kabar indonesia Pagi dengan tema : Efek Negatif Candu Game Online dengan subtitle “Akibat game terhadap gangguan fisik dan psikis anak” yang menghadirkan seorang Psikolog, Irma Gustiana dan Gamer sukses, Olivia.

Dalam sisi wawancaranya İrma Gustiana seorang psikolog menyampaikan beberapa penyebab kenapa anak sekarang banyak yang kecanduan game online, antara lain pertama, mudahnya anak-anak mengakses aplikasi game tersebut, dimana dan kapanpun anak-anak dengan mudahnya mendapatkannya.

Kedua, kurangnya kepedulian orangtua terhadap pemakaian HP setiap harinya sehingga apapun yang dilakukan anak baik mendownload aplikasi game atau menonton film-film dengan mudah di Hp nya.

Ketiga, pergaulan anak-anak yang cenderung semuanya melakukan akses internet sehingga penggunaan HP sangat mudah dilakukan.

Oleh karena itu, sebagai orang yang peduli terhadap sesama generasi penerus bangsa ini dan salah satunya adalah guru dan orangtua.

Peran guru dan orangtua dalam mengurangi kecanduan anak-anak terhadap game online sangat urgen.  Hal ini dapat dilakukan dari berbagai cara antara lain, guru memberikan pencerahan tentang bahaya bermain game baik secara fisik maupun psikis. Demikian juga sebagai orangtua dapat mengarahkan anak-anaknya dirumah dan membatasi penggunaan game online secara berjadwal. Sehingga akan dapat diminimalisir kecanduan terhadap game online bagi anak-anak kita.

Views All Time
Views All Time
39
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY