Guru di Zaman Generasi Emas 2045

0
85

Guru merupakan pondasi utama di dalam dunia pendidikan. Kehadiran seorang guru, dapat mengubah sebuah kelompok masyarakat kecil atau komunitas dari yang buta aksara menjadi orang-orang yang mampu membaca dan menganalisis sebuah informasi. Tidak hanya itu, dalam waktu yang panjang, kehadiran seorang guru bahkan dapat merubah sebuah peradaban. Seiring dengan menyebarnya arus digital yang semakin mengepakkan sayapnya ke berbagai penjuru, para guru dituntut untuk mempersipakna diri agar mampu mengayomi para generasi emas 2045 nanti.

Ada dua kriteria yang harus dimiliki oleh guru di zaman generasi 2045 nanti. Menjadi “Kutu Buku” atau “Pecandu Informasi” merupakan kriteria utama yang harus dimiliki oleh setiap guru di masa generasi emas nanti. Tuntutan ini dikarenakan karena mudahnya informasi yang didapatkan oleh siswa melalui teknologi yang tentu saja akan semakin merambah nantinya. Dalam hal ini, guru dituntut untuk lebih “up to date” dalam menanggapi isu-isu yang berkembang dan penemuan-penemuan terbaru. Dengan begitu, guru akan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh sang murid walaupun dengan beragam topik. Dengan gemar membaca dan mencintai informasi, guru akan menjadi lebih kreatif, inovatif, dan dinamis dalam mengajar, khususnya  ketika menggunakan media dan teknologi di kelas. Contohnya dapat dilihat dengan penggunaan in focus, smartboard, dan beragam media canggih lainnya.

Adapun kriteria yang ke dua adalah seorang guru harus mampu menjadi guru yang berkarakter. Lima karakter utama (religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas) harus melekat kuat pada sosok pahlawan tanda jasa ini, sehingga para anak didik pun akan mampu melihat model karakter yang ditampilkan oleh sang guru. Terlebih lagi, guru merupakan orang tua kedua siswa setelah orang tua kandungnya. Tentu saja, para guru wajib menjadi contoh tauladan di luar lingkungan keluarga peserta didik nantinya. Dengan adanya kriteria ini, guru pun akan mudah untuk memotivasi dan mengarahkan anak didiknya untuk menjadi siswa yang tidak hanya pintar, namun memiliki jiwa untuk mencintai agama, keluarga, lingkungan, serta negaranya.

Kedua kriteria yang telah dipaparkan di atas, diharapkan dapat dimiliki oleh setiap guru di zaman generasi emas 2045 nantinya, sehingga para siswa dapat tumbuh menjadi generasi yang hebat.

 

 

Views All Time
Views All Time
190
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY