Tantangan dan tuntutan bagi guru saat ini semakin besar. Guru harus bisa beradaptasi. Menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Tanpa bisa ditawar lagi.

Ada tiga perubahan besar yang memaksa guru untuk beradaftasi. Yaitu : Kemajuan teknologi, Pandemi covid 19 dan generasi milineal.

Kemajuan Teknologi

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi membawa perubahan diberbagai bidang kehidupan. Berubahnya peradaban masyarakat,termasuk sosial ekonomi di Era Revolusi Industri 4.0. Perubahan ini menimbulkan pekerjaan baru dan secara tidak langsung menghilangkan berbagai jenis pekerjaan. Kehadiran e-money membuat beragam sektor berlomba-lomba mengembangkan layanan dompet elektronik yang bisa digunakan oleh masyarakat. Semua serba praktis. Semua seba online.

Pandemi Covid 19

Adanya wabah ini memaksa semua aktifitas dilakukan secara daring. Diberbagai aspek kehidupan. Termasuk dalam bidang pendidikan. Kegiatan belajar dari rumah, rapat online, webinar dan kegiatan lainnya dilaksanakan secara virtual. Tentu saja perubahan ini memaksa guru untuk terus belajar. Meningkatkan berbagai kompetensi.

Generasi Milenial

Hal yang harus disadari oleh guru adalah saat ini kita berhadapan dengan anak anak milenial. Dengan segara cirinya. Mereka hidup di zaman yang serba digital. Internet dengan mudah dapat mereka akses. Tidaklah mengherankan kalau Kepandaian mereka dalam mengakes informasi bisa mengalahkan gurunya. Mereka adalah generasi aktif pengguna media sosial.

Ketiga perubahan tersebut mengharuskan guru untuk selalu belajar. Bukankah mengajar itu sama dengan Belajar?

Semoga bermanfaat. Salam Literasi.

Views All Time
Views All Time
16
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY