GURU YANG DISAYANG DAN DISENANGI

0
108

Guru adalah sebuah profesi yang sangat mulia. Karena berkat jasa guru, seorang bisa menjadi presiden, Pengusaha, Pilot, Dokter dan profesi lainnya. Pada dasarnya guru mempunyai tugas sebagai pengajar dan pendidik. Mengajarkan ilmu pengetahuan kepada peserta didik, dan ikut aktif dalam mengembangkan pribadi peserta didik agar terhindar dari pengaruh dari luar yang kurang baik.

Menjadi Guru diera keterbukaan seperti sekarang ini tidaklah gampang. Pengaruh teknologi yang sangat cepat dan informasi yang begitu gampang diperoleh serta media sosial yang gampang diakses, membuat metode pengajaran dan teknik teknik mengajar harus bisa mengikuti tuntutan. Tetapi terlepas dari perubahan yang begitu cepat, tetapkah karakter dan kepribadian guru dalam mengajar atau aktivitas sehari hari akan ikut memberi pengaruh dalam membentuk kepribadian siswa.

Guru yang menyenangkan tentu menjadi dambaan setiap peserta didik. Tetapi menjadi guru yang menyedangkan tidaklah mudah atau terlalu sulit.  Guru harus mencintai profesi dan menghayati profesinya. Jika sudah mencintai dan menikmati profesi sebagai guru, maka seluruh kekuatan yang ada dalam dirinya akan tercurah ke profesi, melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan profesinya atau alam istilah sekarang akan menjadi profesionel dengan profesinya.

Guru yang menyenangkan bagi peserta didik adalah guru yang selalu uptodate dengan ilmu dan pengetahuan. Sehingga Ketika memberikan materi pelajaran, tidak memegang buku, melihat catatan, atau browsing. Guru percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, Bicara jelas dan lancar karena menguasai materi yang diajarkan

Guru yang menyenangkan adalah guru yang memahami bahwa kemampuan peserta didiknya tidaklah sama, sehingga tidak perlu membandingkan dengan siswa yang lain atau dengan kelas yang lain. Jika guru memahami kemampuan peserta didiknya makan guru akan sabar dalam membimbing dan mengajarkan ilmumnya, Tidak emosional menjawab pertanyaan yang diajukan atau ketidak mengertian siswa ketika kita memberikan materinya.

Guru yang menyenangkan adalah guru yang ketika mengajar di depan kelas menampakan kegembiraan dan keceriaannya. Bnetuk kegembiraan atau keceriaan terlihat dari intonasi bicara, senyuman dan ekspresi wajah yang terlihat gembira. Fokus pada ilmu yang diajarkan. Selalu riang dan menikmati proses pembelajaran.

Kepribadian guru yang menyenangkan lainnya adalah bisa menjaga emosionalnya. Tidak gampang marah dikelas. Karena guru yang emosional akan menyebabkan kelas menjadi “HOROR” sehingga akan berpengaruh pada suasana kelas dan ilmu yang diajarkan akan sulit terserap, karean kelas atau peserta didik seperti dibawah tekanan. Hindari kebiasaan Menyalahkan, Omeli dan Kritik peserta didik. Berilah penghargaan yang jujur dan tulus, Apresiasi Setiap pendapat Peserta didik. Berikan motivasi untuk berhasil mengerjakan setiap tugas yang diberikan. Dan Selalu tersenyum

Menjadi guru yang menyenangkan apabila didalam kelas tidak membangga banggakan dirinya dihadapan peserta didik.  Adil terhadap setiap siswa. Apalagi dalam memberikan penilaian. Jangan hanya melihat karena kebaikan,  Keaktifannya, kecantikan atau kegantengannya, tetapi secara menyeluruh menggunakan metode penilaian yang tepat.

Pribadi guru yang menyenangkan adalah pribadi yang mampu menemukan kebaikan pada orang lain, dan mengungkapkannya dengan jujur dan tulus. Apa yang kita harpkan dari orang lain, itulah yang diharapkan oleh peserta didik kita.

Ayo berubah kearah yang lebih baik, jadikan diri kita menjadi guru yang menyenangkan.

Views All Time
Views All Time
129
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY