guru yang profesional

0
10
adi suprayitno
guru yang profesional

Seorang guru yang profesional  harus memiliki kompetensi lengkap yang meliputi pengetahuan, ketrampilan dan sikap/prilaku.

  • Pertama, dia harus mempunyai kemampuan kognitif, yaitu memiliki pengetahuan yang memadai baik pengetahuan tentang materi pelajaran maupun strategi atau model-model pembelajaran. Pengetahuan tentang strategi atau model-model pembelajaran, guru tak hanya mahir dengan strategi ekspositori tapi juga harus mampu melaksanakan pembelajaran dengan strategi diskoveri inkuiri.
  • Kedua, dia juga harus memiliki kemampuan psikomotor atau Baik ketrampilan dalam menyusun rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) maupun ketrampilan untuk melaksanakannya. Dengan kata lain, dia harus dapat menulis apa yang akan dilakukan dan sebaliknya juga harus mampu melaksanakan apa yang telah ditulisnya.
  • Ketiga, dia harus memiliki kemampuan afektif (sikap, minat, konsep diri, nilai dan moral) untuk mampu menjadi guru yang patut diteladani. Dia harus memiliki disiplin, etos kerja dan dedikasi yang tinggi untuk memcapai keberhasilan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Ketiga ranah kompetensi itu dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu kemampuan dan komitmen. Kemampuan meliputi pengetahuan dan ketrampilan, komitmen meliputi dorongan, usaha dan penyediaan waktu yang cukup banyak. Keduanya sangat menentukan keberhasilan guru dalam  melaksanakan tugas profesinya.

Views All Time
Views All Time
10
Views Today
Views Today
1
BAGIKAN
Tulisan sebelumnyaMaster’s Competence Teacher
Tulisan berikutnyaprofessional teacher
jadi pengawai negeri dengan pangkat II c Diploma 3, Kuliah S1 Geografi, Kuliah S2 Teknologi Pembelajaran. skrg pangkat IV-D dan Tahun ini 2017 ke IV-E Pensiun Tahun 2022

LEAVE A REPLY