HANYA DALAM HITUNGAN MENIT

0
56

Sering kali kita terkecoh dengan keadaan, ketika memandang kondisi siswa seolah-olah siswa tidak memiliki kompetensi. Hal tersebut terlihat dari daftar nilai yang ada. Sebagai contoh yang dialami penulis, dalam satu kelas hanya beberapa siswa yang dapat mencapai KKM atau  nilai 75 ke atas, meski materi telah disampaikan dengan baik sebelumnya. Apabila melihat daftar nilai UAS (Ulangan Akhir Semester) yang ada seolah-olah siswa tidak memiliki kemampuan untuk belajar dengan baik. Penulis sendiri merasa pesimis dan bertanya dalam hati, mengapa soal UAS yang tergolong sangat mudah dari 50 soal ada seorang siswa yang hanya bisa mengerjakan benar 6 soal. Dalam benak penulis bertanya, harus dengan cara bagaimana menyampaikan materi pelajaran agar dapat diterima dengan baik oleh siswanya, berbagai strategi telah dilakukan tetapi hasilnya tidak jauh berbeda, apalagi pada saat ini dengan maraknya HP atau android yang dipegang siswa.

Setelah daftar nilai UAS jadi maka dibagikan kepada siswa agar mengetahui capaian hasil belajarnya, sekaligus memberitahukan agar siswa yang belum mencapai KKM segera mengerjakan Ulangan Remidial yang telah dipersiapkan di blog (online), hasilnya luar biasa. Ketika penyampaian materi dengan buku atau lainnya kurang mendapat respon, tetapi begitu siswa diminta mengerjakan secara online, hanya dalam hitungan menit ternyata siswa telah mengerjakan dengan baik dan nilaipun cukup baik. Bahkan lebih dari 100 siswa telah mengerjakan hanya dalam waktu kurang dari 1 jam. Buktinya daftar nilai disampaikan pada pukul 07.15, tetapi pada pukul 08.57 siswa yang mengerjakan dan mendapatkan nilai sebanyak 101 siswa, nilai yang dicapaipun cukup baik, nilai yang diperoleh rata-rata lebih dari 90. Yang mengherankan adalah mengapa ketika mengerjakan UAS pada kertas ulangan nilai yang dicapai sangat rendah, tetapi ketika mengerjakan remidi UAS dengan soal sama yang diacak, dapat memperoleh nilai jauh lebih baik meskipun durasi waktunya lebih pendek.

Berikut ini adalah perbandingan capaian hasil  Ulangan Akhir Semester dengan Remidi Ulangan Akhir Semester yang dilaksanakan secara Online.

Views All Time
Views All Time
186
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY