HARI PENDIDIKAN NASIONAL DI TENGAH PANDEMI DI BULAN RAMADHAN

0
36

HARI PENDIDIKAN NASIONAL

DI TENGAH PANDEMI DI BULAN RAMADHAN

Oleh: Ida Rusmiyati

 

Di Indonesia, peringatan Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap 2 Mei. Tanggal tersebut berkenaan dengan hari kelahiran dari pelopor pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Atas jasa dan perjuangannya, kini anak-anak Indonesia berhak mendapat pendidikan yang layak. Setiap tahun semua instansi di Indonesia utamanya instansi/dinas Pendidikan selalu memperingati hari bersejarah tersebut dengan bermacam-macam kegiatan yang menarik.

Ada yang berbeda pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini. Hardiknas dirayakan di tengah-tengah pandemi Covid 19 dan di saat bulan Ramadhan. Sungguh merupakan keistimewaan tersendiri. Bagaimana tidak istimewa? Pertama, karena saat ini Pandemi Covid 19 masih merajalela maka peringatan Hardiknas dilakukan secara terbatas, terpusat, dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Mengingat saat ini Virus Corona masih menyerang dunia tanpa ampun, sudah banyak korban meninggal karenanya, bahkan saat ini muncul virus Corona varian baru yang dampaknya lebih dahsyat. Euphoria Hardiknas tidak semeriah sebelumnya. Namun, kekhidmatan acara tidaklah berkurang. Kedua, karena saat ini adalah bulan suci Ramadhan, pada bulan ini umat muslim mendapat ujian untuk menahan hawa dan nafsunya. Di tengah ujian menahan hawa nafsu inilah kita juga diuji, melalui Hardiknas ini kita diingatkan untuk selalu memajukan pendidikan dengan mengedepankan penumbuhan karakter dan budi pekerti pada peserta didik.

Peringatan Hardiknas tahun 2021 banyak dilakukan dengan menggunakan media virtual seperti zoom dan sejenisnya. Namun demikian, ada pula yang melaksanakannya secara langsung dengan melaksanakan upacara bendera di lapangan dengan melaksanakan adaptasi kebiasaan baru (memakai masker saat bertemu sesama insan pendidik, dan selalu menjaga jarak supaya tidak berdekatan untuk menghindari kerumunan, serta cuci tangan setiap saat).

Saat ini tampaknya masyarakat sudah mulai terbiasa dengan kebiasaan baru ini. Aktivitas sehari-hari mulai berjalan normal walau perlahan-lahan, seperti kegiatan pendidikan di sekolah-sekolah, upacara, kegiatan perekonomian, kegiatan sosial, dll. Sudah berjalan menuju normal.

Bulan Ramadhan kali ini menjadi momentum yang tepat bagi dunia pendidikan menggelorakan semangat kepedulian dan kebersamaan dalam mewujudkan merdeka belajar sesuai yang dicanangkan oleh Mendikbud RI. Oleh sebab itu, dengan semangat Hardiknas dan Ramadhan mari kita saling berbagi kepada sesama, terutama mereka yang berjuang bagi dunia Pendidikan. Islam sangat menjunjung tinggi Pendidikan dan Pengetahuan, Islam juga bisa disebut sebagai agama pendidikan. Sebab, segala ajaran yang terkandung di dalamnya akan mengantarkan manusia untuk beranjak dari kegelapan menuju cahaya yang terang benderang. Seperti yang termaktub di dalam HR. Ahmad, bahwa kita haruslah menguasai pengetahuan dan menjadi pendidik yang baik.

Pentingnya menguasai ilmu pengetahuan

 

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَهَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

“Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat, hendaklah ia menguasai ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat), hendaklah ia menguasai ilmu.” (HR. Ahmad)

 

Menjadi pendidik yang baik

 

كُوْنـُـوْا رَبَّانِيِّـْينَ حُلَمَاءَ فُقَهَاءَ عُلَمَاءَ وَيُقَالُ اَلرَّبَّانِيُّ الَّذِى يُــرَبِــّى النَّاسَ بِصِغَارِ اْلعِلْمِ قَبْلَ كِبَارِهِ

“Jadilah pendidik yang penyantun, ahli fikih, dan ulama. Disebut pendidik apabila seseorang mendidik manusia dengan memberikan ilmu sedikit-sedikit yang lama-lama menjadi banyak.” (HR. Bukhari)

 

Dari Hadits tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kita hendaknya selalu tidak henti-hentinya belajar untuk menuntut ilmu, serta manakala kita berada pada posisi sebagai pendidik, jadilah pendidik yang baik dan santun bagi para peserta didik, serta selalu berpegang teguh pada ajaran agama.

Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional bagi semua Pendidik Bangsa ini, semoga Pendidikan di Indonesia Semakin Maju dan Jaya.

 

 

Ungaran, 2 Mei 2021

#30harimenulisramadhan

#gbmharike-21

 

 

 

 

ReplyForward
Views All Time
Views All Time
49
Views Today
Views Today
2

LEAVE A REPLY