Hikmah dalam Pandemi

0
11

Pandemi yang belum berkesudahan menjadi momok menakutkan diberbagai kalangan, di berbagai bidang, semua terimbas efek pandemi Covid-19. berbagai lontaran kata, ujaran tak berujung, kemarahan tak beralamat, hingga tangisan mewarnai dunia pandemi. Tak terkecuali dunia Pendidikan.

1Apa itu pandemi covid-19, mengapa dia mampu menyita semua mata, telinga, hati manusia menatap kepadanya?. Mengapa? Mengapa?

https://en.wikipedia.org/wiki/COVID-19_pandemic

Begitu pandemi covid-19, apa yang terjadi dengan dunia pendidikan?. Semua tatanan kurikulum berubah, semua rencana pembelajaran bergeser, semua insan pendidikan kelabakan, mencari rantai penguat agar benteng pendidikan ini tidak goyah, agar generasi yang dalam pelukan ilmu tidak terserak.

Menteri pendidikan terus melakukan langkah-langkah penyelamatan nasib anak bangsa. Para pendidik akhirnya mendapat amanah untuk terus memberikan ilmu, untuk terus merangkul anak bangsa agar tidak tertinggal meski tetap tinggal di rumah. Terbuka babak baru, kami para pendidik semakin berusaha melakukan proses Pembelajaran Jarak Jauh. Banyak program dari kementerian yang menawarkan media untuk pembelajaran jarak jauh, tapi dibalik semua perubahan tatanan tersebut berbagai latar belakang guru sebagai pemegang andil estafet utama pendidikan kembali harus di eksplorasi.

Mengeluh bukan jiwa kami pendidik, jiwa kami ditata untuk menjadi pendidik yang harus bisa mendidik, selalu memberikan pembelajaran meski kami harus belajar. Tidak banyak mata yang melihat kami para pendidik, terseok-seok, tertatih-tatih dalam keterbatasan berusaha mengemban amanah pendidikan. Profesionalisme kami membawa kami untuk belajar dan terus belajar untuk mengajar, dalam pandemi yang belum berkesudahan.

Berlomba-lomba para pendidik mengasah kemampuan untuk bisa menyampaikan pembelajaran, tak peduli pada keterbatasan diri. Yang kami peduli keterbatasan anak didik kami, yang ada dalam benak para pendidik hanya usaha untuk bisa menyampaikan pembelajaran, dengan cara apapun.

Begitu panjang masa pandemi, apa pentingnya berdebat soal Covid, apa faedahnya menyebar berita yang tak jelas kebenarannya. Tak ada yang perlu disalahkan, yang perlu dilakukan adalah mengambil hikmah dari masa pandemi covid 19 ini.

Dengan pandemi ini guru semakin bermartabat, guru semakin berilmu, guru semakin pintar, guru semakin dicintai. Pembelajaran jarak jauh membawa kami para pendidik semakin mengerti arti mendidik, arti pentingnya ilmu dalam teknologi, makna yang dalam bagaimana memanusiakan hubungan.

Pandemi masih meraja, tapi pendidik tak akan gentar. Semangat para guru.

Views All Time
Views All Time
12
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY