Hikmah Di Balik Kesabaran

0
5

Tahun 2020 baru saja usai, meninggalkan kenangan-kenangan indah dan kenangan yang menyedihkan. Hampir setahun Pandemi COVID-19 melanda dunia. Hampir setahun pula aku belum melihat wajah-wajah siswaku secara langsung. Lama tidak melihat mereka berlarian di sekolah. Sekolah lengang, tidak ada suara hiruk pikuk yang menjadi ciri khas sekolah dasar. Namun dunia pendidikan haruslah tetap berjalan. Para guru diharapkan kerja kerasnya agar kualitas pendidikan tidak merosot.

Baru saja menapaki tahun 2021 masih dalam keadaan Pandemi yang melanda, secara beruntun rasa duka menghampiri kita. Belum pulih duka kita karena kecelakaan pesawat Sriwijaya Air di perairan Kepulauan Seribu, banjir besar terjadi di Kalimantan Selatan, longsor terjadi di Sumedang, gempa bumi terjadi di Sulawesi Barat dan sejumlah gunung berapi aktif memberi tanda-tanda akan adanya bahaya. Tidak ada kejadian yang menimpa manusia kecuali atas izin Sang Pencipta. Waspada dalam segala tindakan yang dilakukan di kehidupan sehari-hari.

Hikmah yang kita peroleh yaitu keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt. Uluran tangan sangat diharapkan dari umat manusia. Karena biar bagaimanapun Allah menciptakan segala sesuatu di muka bumi ini atas kehendak dan takdirnya. Allah pun mempunyai maksud tertentu didalamnya. Sebagai ummatNya yang beriman dan mempercayai adanya Qodho dan Qodar, kita harus mencari tahu hikmah atas segala apa yang sudah Allah takdirkan dan melihatnya dengan kacamata keimanan yang kita miliki. Semoga segera bebas dari balak dan musibah dan senantiasa diberikan kesabaran. Amin. Wallahualam Bishawab.

Malang, Januari 2021

Views All Time
Views All Time
23
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY