IGI Inhil dan MTQ Tingkat Kabupaten

0
5

[IGI Inhil dan MTQ Tingkat Kabupaten

IGI Inhil kali ini kembali ikut berpartisipasi di MTQ tk. Kabupaten Indragiri Hilir, dengan menghadirkan buku solo, karya guru dan antologi karya siswa yang digerakkan oleh Gelis (Gerakan Literasi Sekolah) dan Sagusaku (Satu Guru Satu Buku) Ikatan Guru Indonesia.

Selain buku, juga tampak 7 plakat yang berbentuk boneka beruang sebagai duta literasi IGI. Lima diantaranya adalah plakat buku Solo dan 2 lagi adalah penghargaan dari Perpusnas sebagai bentuk apresiasi sebagai koordonator acara pada kegiatan tersebut.

Kebetulan saya, Laila Suryani dan Guslaini menerimanya kali ini. Haru dan bangga tentu saja. Anugerah yang tidak disangka karena tak ada dalam susunan acara. Diberikan secara spontan oleh penanggung jawab kanal, bu Nurbadriyah, setelah kata sambutannya. Diapresiasi atau tidak, sesungguhnya kerja belum apa-apa. Baru secuil yang dilakukan untuk bangsa. Terlalu banyak yang sudah bangsa dan negara sudah berikan untuk kita.

Selain itu, ada juga penghargaan untuk bupati Indragiri Hilir, bapak H. M. Wardan, berupa piagam dan plakat sebagai Anugerah Pendidikan Indonesia atas partisipasi dan dukungan beliau sebagai pemerintah terhadap pendidikan di tanah air.

Sebelumnya, di 2018, wakil bupati Indragiri Hilir, bapak Syamsudin Uty dan Kadisdik Inhil, bapak Rudiasyah juga sudah menerimanya.

Penghargaan ini diserahkan di Jakarta pada 20 September 2019 kemarin, dalam Anugerah Pendidikan Indonesia, yang dilaksanakan di Global Educational Suplies and Solution (GESS) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta. Akibat kabut asap yang melanda Riau dan adanya larangan dari presiden RI untuk meninggalkan Riau, maka beliau tidak jadi hadir pada penganugerahan tersebut, sehingga di MTQ kali ini diserahkanlah keduanya pada beliau saat mengunjungi stan Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir.

Lalu, ada selempang Sagusaku, penggiat literasi dan juga 1000 penulis eksis dari IGI, turut dipamerkan di stan tersebut. Selempang yang diberikan atas keikutsertaan dalam 3 tahun terakhir ini pada kegiatan nasional IGI.

Acara yang ditaja oleh Sagusaku IGI pusat bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). Kegiatan yang menghadirkan 1000 penulis dari 27 provinsi di Indonesia ini dibiayai secara murni oleh Perpusnas RI. Menyediakan sertifikat makan siang makanan ringan dan juga tempat kegiatan.

Acara yang berlangsung meriah karena dihadiri banyak penulis dan hebatnya dikeluarkan dari dana pribadi, menunjukkan keinginan yang kuat untuk berpartisipasi dalam literasi dan ingin menunjukkan eksistensi diri.

Semoga IGI semakin jaya, dan Sagusaku makin berprestasi. Akan ada 5000 penulis yang insya Allah akan hadir pada kegiatan tahun depan. Semoga terlaksana.

Laila Suryani
SMPN 2 Tembilahan Hulu

#menulismenebarkebaikan
#menulismemberimanfaar
#menulismerupakankebutuhan
#jangantakutmenulis
#semuabisamenulis
#literasi
#igi
#igiinhil
#sagusakuigi
#gelis
#perpusnasexpo2019
#mtqkabupatenindragirihilir
#gadisjerambah

Views All Time
Views All Time
35
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY