IGI NTB Sukses Gelar Seminar Nasional

0
137

Mataram_News- Ikatan Guru Indonesia atau yang disingkat dengan IGI untuk wilayah Nusa Tenggara Barat sukses menggelar Seminar Nasional yang bertajuk “Nadiem Menjawab Arah Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0” pada Kamis (19/12/2019) berlokasi di Gedung Auditorium Abu Bakar Universitas Mataram NTB yang disponsori oleh Gramedia, Bank Dinar, Pegadaian, LPMP Prov. NTB, Kantor Bahasa Provinsi NTB, dan BP Paud Dikmas Prov. NTB.

Seminar Nasional yang dihadiri oleh peserta sebanyak 750 orang lebih memadati gedung auditorium Unram sejak pukul 06.00 WITA pagi hingga kegiatan berakhir. Peserta 750 orang tersebut terdiri dari peserta yang terdaftar secara online sebanyak 650 orang sisanya panitia, tamu undangan dan nara sumber seminar.

Sebelum acara dimulai para peserta diharuskan melakukan registrasi ulang pada korwil yang telah ditentukan panitia dengan menunjukkan bukti transfer dan KTP dan para peserta mendapatkan godybag yang berisi ATK, buku gratis dari sponsor, kupon makan siang dan lain-lain.

Dalam acara semnas tersebut diramaikan juga dengan menampilkan karya-karya para guru-guru dalam bentuk buku-buku dan aneka ragam kerajinan dari hasil olahan zero waste yang dipajang digerai-gerai yang telah disediakan oleh panitia sehingga para peserta semnas bebas melihat dan memilih serta dapat membeli karya guru tersebut sebelum dimulai acara seminar. Tak luput juga pihak sponsor Gramedia memamerkan buku-buku menarik hasil terbitannya begitu pula dengan bank Dinar ikut serta mempromosikan berbagai macam program yang ditawarkan kepada peserta.

Sambil menunggu acara dimulai dan menunggu tamu undangan hadir untuk menghilangkan kebosanan para peserta disuguhkan dengan berbagai penampilan hiburan diantaranya penayangan video profil IGI, penampilan tari mustika ratu dan tari Gadang. Dengan penampilan tarian tersebut tampak para peserta semnas terpukau dan terkagum-kagum yang menambah semangat mengikuti kegiatan semnas.

Turut hadir dalam kegiatan seminar nasional yang diadakan IGI NTB adalah Dirjen GTK Madrasah Kemenag RI Prof. Suyitno sekaligus sebagai Main Speaker Seminar, Gubernur NTB (pejabat yang mewakili), Kepala LPMP Provinsi NTB Mohamad Mustari, Ph.D sekaligus sebagai narasumber, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTB H. Rusman, SH, MH sekaligus narasumber, Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB Umi Kulsum, M. Hum, kepala Dinas Kota Mataram H. L. Fatwir Uzali, M.Pd, Kepala UPTD Kota Mataram, Ibu Evi DPD RI yang berasal dari NTB, ibu Siti Khusnul dosen sekaligus sebagai moderator acara dan kepala dinas lainnya.

Acara dibuka sekitar pukul 09.30 WITA pagi diawali dengan pembukaan, pembacaan doa, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IGI, kemudian dilanjutkan dengan pelaporan ketua panitia dan sambutan-sambutan. Pelaporan kegiatan seminar nasional disampaikan langsung oleh ketua IGI Provinsi NTB Ermawanti Ihwan, sedangkan sambutan pertama disampaikan oleh pengurus IGI yang diwakili oleh Sahruna, dilanjutkan sambutan oleh Kepala LPMP Provinsi NTB dan sambutan Gubernur oleh pejabat yang mewakili sekaligus membuka kegiatan seminar nasional.

Ditengah-tengah acara usai sambutan-sambutan dilaksanakan pemberian penghargaan kepada Bunda BP Paud dan penghargaan serta pemasangan selempang kepada 50 orang penulis buku Embun Rinjani Lombok Berkisah oleh Kepala LPMP, Kepala Dikbud NTB, dan Dirjen GTK Madrasah Kemenag RI.

Untuk diketahui sejatinya kegiatan semnas akan menghadirkan Mendikbud RI Nadiem Makarim secara langsung sesuai tema yang diangkat “Nadiem Menjawab Arah Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0”. Nadiem diperkirakan datang untuk menjawab beberapa kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan diantaranya terkait penghapusan UN, penyederhanaan RPP dan lainnya yang bertujuan untuk merdeka belajar bagi guri dan siswa.

Namun sebagaimana disampaikan Ketua IGI NTB Ermawanti untuk mengobati rasa kekecewaan kepada peserta semnas dikatakan bahwa mas Menteri tidak bisa hadir dikarenakan tugas negara untuk mendampingi Wakil presiden dalam rangka rakor para pejabat eselon di Jakarta. Diakuinya dirinya sudah 3 hingga 4 kali bolak balik ke jakarta untuk melobi dan memastikan kehadiran menteri namun tugas negara yang lebih diutamakan sehingga semnas pun berjalan sukses dengan diwakili oleh kehadiran dirjen Dirjen GTK Madrasah Kemenag RI Prof. Suyitno.

“Alhamdulillah semnas berjalan dengan sukses, kegiatan launching buku Embun Rinjani karya Guru NTB berjalan dengan baik” aku Ermawanti yang memiliki hobi Fashion dan menjadi presenter salah satu TV swasta di Lombok.

“Selamat kepada kawan Guru atas hasil karyanya. Terima kasih kepada semua team dan panitia yg telah bekerja keras mensukseskan acara ini, selalu ada kelebihan dan ada kekurangan. Kekurangan mas Menteri tidak bisa hadir dikarenakan tugas negara mendampingi pak Wakil presiden. Hal yg sangat bisa dimaklumi. Kehadiran bapak Dirjen GTK kemetrian agama mewakili pejabat dari pusat. Kita telah berbuat utk pendidikan NTB. Sekali lagi kami atas nama Panitia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan acara ini” tandas Ermawati (@ruslanwahid).

Views All Time
Views All Time
33
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY