INDAHNYA BERBAGI

2
19

Kata berbagi selalu diidentikkan dengan materi. Bisa berupa harta benda, uang, emas dan lainnya. Islam sudah mengajarkan kepada kita untuk selalu berbagi. Karena Allah sudah mengingatkan bahwa di dalam setiap harta atau rezeki yang didapat ada hak orang lain yang harus dikeluarkan. Berbagi (baca: sedekah) akan membuat hidup menjadi lebih berkah. dengan berbagi, kita sudah mengundang rezeki dari langit. walau harus kita ingat bahwa rezeki yang kita undang tidak selamanya berbentuk harta atau uang. Rezeki bisa berbentuk kesehatan, keselamatan, terhindar dari kecelakaan dan sebagainya 

 

Dalam beberapa hari ini, aku menjadi saksi bahwa berbagi itu memang indah. ada kepuasan tersendiri bagi beberapa rekan bahkan diriku secara pribadi. Berbaginya kami bukan  berbagi harta ataupun uang, tetapi berbagi sedikit pengetahuan yang dimiliki.

 

Adalah sebuah media sosial bernama telegram yang sebenarnya sudah kukenal lama. Bahkan dari media ini aku mengenal sagusanov (satu guru satu inovasi) namun untuk pelatihan ini aku dinyatakan tidak lulus karena sudah menyerah sebelum pelatihan berakhir. berbagai alasan yang membuatku harus hengkang dari grup sagusanov. Kemudian karena  melihat gigihnya beberapa rekan-rekan guru di Sumatera Utara menimba ilmu di beberapa grup yang ada di telegram, memaksaku untuk menginstall kembali telegram di handphone dan laptop. keinginan kuat untuk terus belajar dan belajar adalah alasan lain untuk kegiatan ini mengingat perintah Nabi Muhammad saw bahwa belajar tidak mengenal batas waktu dan usia. 

 

Mulailah aku mengenal SambelTrasi (smartphone untuk pembelajaran dan literasi), Maluku Belajar, Samisanov (satu minggu satu inovasi), forum diskusi dan banyak lagi grup yang menyajikan dan mempersembahkan berbagai ilmu yang dapat dipelajari oleh guru-guru hebat se Indonesia. Dalam setiap grup tidak terlihat kesombongan dan kebanggaan akan kehebatan diri. semua saling bahu membahu, tolong menolong memberikan ilmu yang dimiliki. walaupun tidak diucapkan, ku yakin mereka sudah faham bahwa berbagi itu memang indah. kepuasan datang tatkala teman yang dibantu berhasil mengatasi kesulitannya. Bagiku pribadi, memiliki Blog ini adalah hasil belajar yang kudapat dari SambelTrasi

 

Alhamdulillah dapat bergabung dengan guru-guru hebat se Indonesia, menimba ilmu  dari guru-guru keren tanpa tuntutan persen. Menimba ilmu diantara sisa-sisa waktu, dan berbagi dengan teman yang membutuhkan. Insyaallah, Allah akan menunaikan janjiNya untuk meninggikan beberapa derajat orang-orang yang beriman dan berilmu.

 

 

SELAMA MASIH ADA KESEMPATAN UNTUK MEMPEROLEH PENDIDIKAN 

GUNAKANLAH KESEMPATAN TERSEBUT DENGAN SEBAIK-BAIKNYA

 

#Rumahq..5 Januari 2019

Views All Time
Views All Time
41
Views Today
Views Today
1

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY