Ternyata dengan membalikan kata dalam dalam sebuah kalimat, maknanya pun bisa berubah. Contohnya kalimat dalam judul artikel ini. Atau mungkin pembaca punya kalimat yang lain. Coba deh…

Jadi guru

Sebagian besar masyarakat masih menganggap jadi guru itu mudah. Siapa pun bisa menjadi guru. Mereka melihat profesi ini masih bertengger di bawah dokter, pengacara, pilot,dan profesi lainnya yang menurutnya lebih bergengsi. Kalaupun menjadi guru, itu tidak lebih dari faktor kebetulan. Bisa saja karena tidak ada pekerjaan lain. Dari pada nganggur, ada kesempatan, akhirnya…jadi guru.

Coba tanyakan pada anak TK , apa cita-citanya. Dengan semangat, mereka pasti menjawab : pramugari, dokter anak, pilot, polisi, idola cili, dsb.  Kalau pun ada yang bercita-cita menjadi guru, pasti melihat orang tuanya yang profesinya guru. Atau bisa jadi karenaa mereka mengidolakan gurunya.

Apapun cita-citanya, itu hak mereka, yang menjadi pertanyaannya adalah mengapa hanya sedikit diantara mereka yang bercita-cita menjadi guru. Apakah karena mereka melihat gaji guru yang kalah bersaing bila dibandingkan dengan profesi lainnya? Bisa jadi.

Guru Jadi

Menurut Undang –Undang Republik Indonesia No. 15 tahun 2004 tentang Guru dan Dosen disebutkan bahwa: “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah”.

 

Kalau kita kaji  Undang Undang tersebut, Maka tidak sembarang orang bisa menjadi guru.  Ada persyaratan  khusus yang harus dipenuhi. Sesuai dengan prinsip profesionalitas Apabila hal itu sudah dipenuhi, maka guru pun mempunyai hak dan kewajiban dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya. Maka dapat kita simpulkan bahwa yang dimaksud dengan guru jadi itu adallah guru yang profesional .

Guru jadi itu ketiadaannya dicari. Kehadirannya dinanti. Kepergiannya dirindui, kematiannya ditangisi. Kebaikannya diteladani.  Apakah kita termasuk guru Jadi?

Semoga bermanfaat. Salam literasi.

Sukabumi, 12 Maret 2021

 

Views All Time
Views All Time
23
Views Today
Views Today
1

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY