Janji Al-Qur’an Terhadap Umat İslam

0
10

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang wajib diimani dan menjadi pegangan hidup umat Islam. İsi dan kandungan Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat Islam sehingga dalam mengarungi kehidupan di dunia ini, Umat Islam wajib beepegang dan mengamalkan isi dan kandungan Al-Qur’an tersebut.

Kebenaran Al-Qur’an adalah mutlak adanya dan tidak keraguan sedikitpun tentang isi dan kandungannya. Sebagaimana Firman Allah dalam QS. Al Baqarah ayat 2 “Kitab Al-Qur’an itu tidak ada keraguan sedikitpun, bagi orang-orang yang bertakwa”.

Al-Qur’an dalam isi dan kandungannya memiliki berbagai macam, diantaranya adalah berisi syariat, cerita para nabi terdahulu, keteladanan dan tauhid atau keimanan serta janji-janji Allah melalui ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.

Di antara janji Al-Qur’an terhadap umat Islam adalah:

Pertama, jika umat Islam bersyukur akan nikmat yang Allah anugerahkan, maka Allah akan tambahkan nikmat-nikmat tersebut, akan tetapi jika umat Islam ingkar atau kufur nikmat maka tunggu azab Allah yang maha Dahsyat sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an Surah Ibrahim ayat 7 dijelaskan.

Kedua, Allah akan selalu mengingat Umat Islam, jika kita senantiasa mengingatNya, melalui zikir dan melaksanakan perintah-perintah Nya, seperti yang dijelaskan dalam Surah Al-Baqarah ayat 152.

Ketiga, jika umat Islam memohon kepada Allah melalui do’a, maka akan Allah kabulkan do’a tersebut, sebagaimana disebutkan dalam Surah Al-Ghafir ayat 60.

Keempat, Allah tidak akan menyiksa umat Islam, selama umat Islam tersebut senantiasa mengucapkan istighfar dan minta ampun kepada Nya, sebagaimana Allah sebutkan dalam Al-Qur’an Surah al-anfal ayat 33.

İtulah 4 diantara janji Al-Qur’an terhadap umat Islam, oleh karena itu mari kita senantiasa bersyukur terhadap nikmat yang Allah anugerahkan kepada kita kalau kita tidak mau diazabNya, mari kita selalu ingat dan selalu berzikir kalau kita mau diingat oleh Allah, mari kita panjatkan doa kepadaNya kalau kita mau dikabulkan segala permohonan kita dan mari kita selalu beristigfar kepada Allah dari segala dosa dan kesalahan kalau kita tidak mau ditimpakan bencana dan musibah oleh Allah.  Wallahu alam bish shawwab.

Jum’at, 6 Desember 2019

 

Views All Time
Views All Time
36
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY