Kajian Manajemen Stratejik

0
52
  1. Kajian Manajemen Stratejik

Manajemen stratejik adalah suatu proses untuk selalu menempatkan posisi organisasi yang strategis sehingga dalam perjalanannya, organisasi dapat memperoleh manfaat atau keuntungan. Manajemen stratejik mengintegrasikan antara perencanaan stratejik dengan upaya peningkatan kualitas organisasi, efisiensi, penganggaran, optimalisasi penggunaan sumber daya, evaluasi program dan pemantauan kinerja serta pembuatan laporan.

Manajemen stratejik merupakan suatu pendekatan yang terpadu dan strategis untuk mendukung keberhasilan organisasi secara terus menerus melalui peningkatan kemampuan kinerja semua anggota organisasi, baik secara individu maupun dalam kelompok. Manajemen stratejik terdiri dari 2 bagian, yaitu 1. Perencanaan  stratejik (stratejik planning), yaitu untuk merumuskan tujuan dan sasaran organisasi serta strategi yang dipilih untuk mencapai tujuan/sasaran organisasi; dan 2. Manajemen kinerja.

Manajemen stratejik menurut Whittaker, mempunyai langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Merumuskan Visi, Misi, dan Nilai Organisasi

Visi adalah cara pandang jauh ke depan, kemana instansi pemerintah harus dibawa agar dapat hidup, antisipatif, dan inovatif dalam menghadapi perubahan global. Dengan kata lain, visi adalah suatu gambaran yang menantang, menarik, terpercaya, realistic tentang keadaan masa depan yang ingin diwujudkan suatu organisasi pada suatu waktu tertentu.

  1. Perencanaan lingkungan intern, eksternal dan asumsi (ASI)
    1. Analisis  lingkungan internal (ALI),  pada dasarnya adalah proses identifikasi yang menguraikan menjadi kekuatan dan kelemahan yang mencakup organisasi, SDM, pembiayaan, efektifitas dan efisiensi sarana dan prasarana serta lain-lainnya yang memiliki pengaruh terhadap pembuatan kebijakan/keputusan organisasi.
    2. Pencermatan lingkungan eksternal (PLE) adlah upaya untuk melakukan identifikasi dan analisis terhadap perkembangan sosial, ekonomi, politik, ekologi, teknoligi, dan lain-lainnya yang memiliki perngaruh terhadap kebijakan organisasi.
    3. Asumsi merupakan upaya menarik kesimpulan (conclusive) terhadap berbagai faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap kinerja organisasi sehingga dari asumsi ini dapat diambilkan suatu kesimpulan organisasi.
  2. Analisis Faltor Stratejik dan Pilihan serta Faktor Penentu Keberhasilan
    1. Analisis stratejik dan pilihan dilakukan dengan metode SWOT atas berbagai pengaruh faktor lingkungan stratejik untuk untuk mengetahui berbagai strategi kunci yang selanjutnya ditentukan sejumlah pilihan strategis (strategic choice)
    2. Faktor –faktor kunci keberhasilan unsure-unsur dari suatu organisasi yang menentukan keberhasilan atau kegagalan organisasi tersebut. Fktor-faktor kunci keberhasilan merupakan hasil pengembangan informasi yang diperoleh dari perencanaan stratejik sebelumnya. Analisis lingkungan internal dan eksternal yang dilakukan, menjadi landasan krisis dalam merancang strategi. Hal ini dilakukan antara lain melalui metode SWOT (strength, weakness, opportunity, and threats), yang pada dasarnya dapat dikelompokkan ke dalam 4 kelompok strategi:

– Strategi pengoptimalan kekuatan untuk memanfaatkan peluang.

  • Strategi menggunakan kekuatan untuk mencegah dan mengatasi ancaman.
  • Strategi mengurangi kelemahan untuk memanfaatkan peluang.
  • Strategi mengurangi kelemahan untuk mencegah dan mengatasi ancaman.

 

  1. Penetapan Tujuan, Sasaran dan Strategi Organisasi
    1. Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi. Tujuan adalah hasil akhir yang dapat dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 1 sampai dengan 5 tahun. Keberhasilan perumusan tujuan sangat dipengaruhi kriteria  berikut: akseptabilitas, fleksibilitas, dapat diukur, motivator, keseuaian dengan rumusan visi dan misi organisasi dan mudah difahami.

Sasaran adalah penjabaran dari tujuan, yaitu sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan oleh suatu organisasi dalam jangka waktu tahunan, semesteran, triwulan atau bulanan. Sasaran diusahakan dalam bentuk kuantitatif sehingga dapat diukur.

Views All Time
Views All Time
200
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY