Kalau Teori Berupa Paparan

0
46

KALAU TEORI BERUPA PAPARAN

Apa yang terjadi kalau sebuah pelatihan disajikan dengan cara yang konvensional misalnya ceramah? Apalagi waktu-waktu tersebut seharusnya waktu istirahat? Uuaahh suara desah kantuk bersahutan di kiri kananku. Seperti kena wabahnya,aku juga akhirnya mengantuk.

Aku sebenarnya kasihan kepada narasumber, sudah capek-capek menjelaskan ee pesertanya sebagian pada tidur. Sebagai seorang guru, aku tentu paham bagaimana sulitnya menjadi narasumber, terutama di jam-jam ngantuk. Aku pasti akan marah seandainya ada siswaku yang tidur atau berbicara dengan siswa lain untuk mengusir kantuknya.

Di zaman teknologi yang serba canggih ini seharusnya seorang narasumber memanfaatkan teknologi ini untuk membantu memaparkan materinya.  Misalnya sewaktu menerangkan jiwa dalam puisi, bukankah lebih baik menggunakan audiovisual, ada puisi yang dibaca, gaya membaca dan ada musik yang mengiringi.

Yaa, kita memaklumi kadang narasumber mau membuktikan bahwa dia menguasai materi, suaranya nyaring, seorang penulis yang handal. Tapi inikan menyangkut penerimaan, kadang kita lebih bisa fokus kalau penyajiannya dibantu dengan media audiovisual.

Oleh karena itu, kalau narasumber menginginkan apa yang disampaikan berterima di telinga dan hati peserta maka sudah seharusnya dia memanfaatkan multi media. Esai.End.

Views All Time
Views All Time
46
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY