KARYA INOVASI : BIMBINGAN TEKNIS PENULISAN SOAL MODEL BmW (Bab III. Rancangan Pembuatan dan Penggunaan)

0
37
  1. Rancangan Pembuatan

Kepala Sekolah SMPN 4 Pelaihari selaku supervisor di sekolah,  bertugas dan berkewajiban merencanakan dan menyiapkan segala sesuatunya  untuk membantu guru dalam meningkatkan kompetensi dan kelancaran tugasnya. Oleh sebab itu, Kepala Sekolah SMPN 4 Pelaihari memberikan bimbingan teknis penulisan soal bagi guru SMPN 4 Pelaihari.

Sebelum dilaksanakan kegiatan tersebut, terlebih dulu Kepala Sekolah mengadakan pertemuan dengan guru untuk menyampaikan rencana dan meminta kesediaan guru mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan bimbingan penulisan soal tersebut direncanakan selama 6 (enam) kali pertemuan,  dengan  bentuk bimbingan kelompok dan individu.

Bimbingan secara kelompok melalui kegiatan bertemu atau tatap muka (offline) yang diatur dan disepakati bersama, sedangkan bimbingan secara individu melalui group WhatsApp (online) yang dibuat secara khusus, dan mengenai waktu online diatur berdasarkan kesepakatan bersama. Kegiatan bertemu dilaksanakan atas kesepakatan bersama, sedangkan kegiatan bimbingan teknis dengan melalui jaringan WhatsApp (online) yang dibuat secara khusus untuk keperluan tersebut dengan nama grop “ Bimtek Soal BmW  2018”.

Kegiatan bimbingan teknis penulisan soal dengan model BmW ini dilaksanakan sebanyak 6 (enam) kali bertemu, dan setiap hari melalui online yang waktunya kapan saja selama 24 jam  sampai jadwal bertemu terakhir.  Kegiatan bertemu (offline) diisi dengan melakukan evaluasi, refleksi, penyampaian materi, diskusi, dan pemberian tugas yang dan dikerjakan di rumah masing-masing. Sementara itu, kegiatan kegiatan bimbingan teknis dilanjutkan dengan melalui jaringan WhatsApp (online) diisi dengan upload atau mengirim hasil mengerjakan tugas, mengomentari dan memberikan masukan atau saran terhadap hasil kerja yang di- upload tersebut satu persatu oleh penulis, dan diskusi atau tanya jawab

Model BmW , yaitu singkatan dari  Bertemu dan melalui WhatsApp, merupakan model pembimbingan yang baru, hasil inovasi Kepala Sekolah SMPN 4 Pelaihari,  yang melibatkan hanya 5 ( lima) orang yang berbeda mata pelajarannya. Kegiatan bimbingan teknis penulisan soal dengan model  BmW ini diikuti oleh 5 (lima) guru mata pelajaran yang berbeda, yaitu Ahmad Fuad Hasan, S.Pd.I ( mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti ), Saeful Bahri, S.Pd (mata pelajaran PPKn), Halimatus Sa,diyah, S.Pd (mata pelajaran IPS),  Nurul Silvia, S.Pd (mata pelajaran IPA), dan Analisa, S.Pd (mata pelajaran Bahasa Indonesia).

  1. Penggunaan

Kegiatan BmW mulai dilaksanakan pada Senin, 21 Mei 2018, dengan pertemuan kelompok yang diikuti oleh semua guru yang sudah dihubungi. Agenda pertemuan perdana ini adalah memaparkan rancangan kegiatan dalam hubungannya dengan tugas supervisi dari kepala sekolah, memberikan bahan bimbingan teknis, dan mendiskusikan beberapa hal yang perlu disepakati terkait dengan bimbingan teknis penulisan soal melalui model BmW ini. Hasil pertemuan perdana ini antara lain kesepakatan mengenai pertemuan berikutnya, jadwal waktu online atau daring  melalui  WhatsApp, dan sebagainya.

Kegiatan bertemu atau tatap muka (offline)  dilaksanakan di ruang kerja kepala sekolah di, dilaksanakan pada sesuai jadwal yang disepakati dan tidak mengganggu tugas menyiapkan nilai siswa. Agendanya kegiatan bertemu atau tatap muka (offline) antara lain mengevaluasi dan merefleksi hasil kerja peserta mengerjakan tugas yang telah dibagikan pada pertemuan pertama, dan kemudian memberikan informasi tentang tugas yang akan dikerjakan guru berikutnya, yaitu menyusun soal sesuai dengan kisi-kisi soal yang telah dibuat guru masing-masing.

####

Views All Time
Views All Time
182
Views Today
Views Today
1
Previous articleKARYA INOVASI : BIMBINGAN TEKNIS PENULISAN SOAL MODEL BmW (Bab II. Kajian Pustaka)
Next articleMengefektifkan Pendidikan Karakter Lewat Satlat
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY