KATA PENGANTAR BUKU KUMPULAN PUISI

0
7595

Alhamdulillah akhirnya Allah memberikan kemudahan untuk dapat menyelesaikan menulis puisi yang merupakan tindak lanjut dari tugas kami dalam mengikuti roadshow SAGUSAKU.Para penulis merasakan mamfaat yang sangat luar biasa atas tugas ini.

Kegiatan menulis puisi merupakan upaya membudayakan sastra secara langsung, sederhana, dan bernilai estetis. Upaya pengembangan apresiasi  terhadap sastra sangat penting dilakukan untuk menunjang perkembangan kebudayaan bangsa, termasuk diantaranya menulis puisi. Apresiasi terhadap puisi diharapkan dapat menyampaikan pesan, berupa pesan moral, kritikan, ajakan, kekaguman, dan sebagainya. secara langsung mungkin  puisi   tidak dapat merubah pemikiran, dan paradigma moral manusia, tetapi sedikitnya puisi secara tidak langsung dapat memperbaiki perilaku dan menjadi renungan para penikmat puisi. Oleh karena salah satu fungsi puisi sebagai wadah menyampaikan pesan moral, ide, gagasan, kritikan, ajakan, kekaguman, ungkapan, maka puisi harus memiliki tujuan, berguna dan bermamfaat, mencerminkan ekspresi nilai-nilai hakikat kemanusiaan dan dapat menyadarkan kembali manusia pada kedudukannya sebagai unsur penting dalam kehidupan.

Siapapun dapat membuat puisi, meskipun tetap ada ciri atau bentuk khas yang membedakannya dengan karya sastra yang lain. Setiap orang dapat menggunakan sarana apapun untuk membuat puisi menjadi menarik seperti irama, rima, diksi, dan lainnya. Sebagai sebuah karya sastra, puisi mutlak harus memiliki kemampuan dan mengakomodir segala unsur yang berkaitan dengan sastra

Kumpulan puisi yang para penulis buat dalam buku kumpulan puisi ini  tidak  bersifat kaku, namun karya sastra yang bersifat bebas dan tidak terikat. Isi puisi dalam buku kumpulan puisi ini adalah ungkapan dari para penulis, berupa pengalaman-pengalaman keseharian, fenomena sosial, kisah inspiratif, ajakan moral, dan coretan kejadian real para penulis.

Harapan para penulis  secara khusus,  buku kumpulan puisi ini dapat menjadi motivasi diri untuk lebih berimajinasi, dan arahan untuk membentuk kepribadian yang lebih baik. Harapan secara umum buku kumpulan puisi ini dapat menambah perbendaharaan sastra budaya di Aceh Besar, dan bagi para pembaca puisi adalah menjadi motivasi para pembaca untuk mengapresiasi karya seni, renungan untuk instropeksi diri, menjadi lebih eksis dalam berkarya, dan membangkitkan semangat para pembaca untuk lebih peka terhadap fenomena sosial melalui lariknya yang indah.

GURU DIKENANG KARENA JASA,,,GURU DIHARGAI KARENA PRESTASI,,,GURU DIKENAL KARENA KARYA,,, SALAM LITERASI,,, SHARING AND GROWING TOGETHER. SALAM DARI ACEH UNTUK SEMUA SAHABATKU GURU DI NUSANTARA.

Views All Time
Views All Time
272
Views Today
Views Today
1
Previous articleMENJERIT (KARYA : JUWITA
Next articleSMPN 4 PELAIHARI MENGGELAR KAMPANYE CALON KETUA OSIS
Nama :Juwita, S.Pd Tempat tanggal lahir :Aceh besar 15 Maret 1978 Tempat tugas :SDN 1 Indrapuri Hobi: membaca, menulis, dan bersih-bersih Berstatus kawin dan memiliki 1 putri dan 2 orang putra, Tinggal di Desa Lambunot, Kecamatan Simpang Tiga,Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Mengecap pendidikan Min Paya Seunara Sabang, Lalu SMP 6 Kota Sabang,SMU di Banda Aceh, Lalu kuliah D-II di STKIP Getsempena. Melanjutkan S-1 FKIP Universitas Serambi Mekkah. Menjadi guru PNS April 2006,pertama mendapat SK di SDN Mureu Indrapuri, setahun kemudian di mutasi ke SDN 1 Indrapuri sampai sekarang,,, Pengalaman selama menjadi guru,,, pernah bersama DBE-2 sebagai fasilitator Sains, Fasilitator di HKI, Guru inti di gugus, dan memfasilitasi beberapa kegiatan di UPTD. Dalam mengembangkan kompetensi pernah mengikuti guru berprestasi tahun 2014, namun hanya mendapat juara 3 tingkat provinsi. Terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk dapat bergabung di blog.igi yang is the best,,semoga kita selalu sharing and growing together. salam satu hati guruku di Indonesia, ditangan kita ujung tombak bangsa.

LEAVE A REPLY