KEGIATAN BIMBINGAN PENULISAN SOAL dengan MODEL BmW

0
18

Mengisi libur sekolah yang  berkaitan dengan bulan suci Ramadhan 1439 H, penulis mengajak rekan guru di SMPN 4 Pelaihari untuk mengikuti kegiatan bimbingan penulisan soal untuk mengisi libur sekolah tersebut. Maklum, pada akhir tahun pelajaran 2017/2018 ini bersamaan dengan datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H, sementara siswa menunggu pembagian rapot dan libur kenaikan kelas, maka penulis memanfaatkan kondisi tersebut memberikan bimbingan penulisan soal kepada guru.

Kegiatan bimbingan pembuatan soal ini dimaksudkan untuk membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan menyusun atau membuat soal sesuai dengan kaidah penulisan soal yang baik. Mulai dari menyusun atau mengisi kisi-kisi soal, membuat soal bentuk pilihan ganda dan uraian, sampai dengan membuat soal berjenis HOT (Higher Order Thinking). Kegiatan ini didasarkan pada fakta yang selama ini penulis temukan ketika memeriksa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) guru, khususnya pada bagian alat evaluasinya, dan menggunakan materi bimbingan yang pernah penulis dapatkan ketika mengikuti workshop penulisan soal di Jakarta pada awal 2017 lalu .

Selanjutnya, penulis merencanakan dan menyiapkan segala sesuatunya untuk kelancaran pelaksanaan bimbingan penulisan soal bagi guru SMPN 4 Pelaihari. Sebelum dilaksanakan kegiatan tersebut, terlebih dulu penulis mengadakan pertemuan dengan guru untuk menyampaikan rencana dan meminta kesediaan guru mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan bimbingan penulisan soal tersebut direncanakan selama 6 (enam) kali pertemuan,  dengan  bentuk bimbingan kelompok dan individu.

Bimbingan secara kelompok melalui kegiatan tatap muka atau bertemu (offline) yang diatur dan disepakati bersama, sedangkan bimbingan secara individu melalui group WhatsApp (online) yang dibuat secara khusus, dan mengenai waktu online diatur berdasarkan kesepakatan bersama. Oleh sebab itu, penulis selaku pembimbing menamakannya model  BmW , yaitu singkatan dari  Bertemu dan melalui WhatsApp.  Model bimbingan teknis ini yang baru penulis ciptakan dan coba terapkan, maka oleh sebab itu,  guru yang dilibatkan hanya 5 ( lima) orang yang berbeda mata pelajarannya.

Kegiatan BmW mulai dilaksanakan pada Senin, 21 Mei 2018, dengan pertemuan kelompok yang diikuti oleh semua guru yang sudah dihubungi. Agenda pertemuan perdana ini adalah memaparkan rancangan kegiatan dalam hubungannya dengan tugas supervisi dari kepala sekolah, memberikan bahan bimbingan teknis, dan mendiskusikan beberapa hal yang perlu disepakati terkait dengan bimbingan teknis penulisan soal melalui model BmW ini. Hasil pertemuan perdana ini antara lain kesepakatan mengenai pertemuan berikutnya, jadwal waktu online atau daring  melalui  WhatsApp, dan sebagainya.

Saat artikel ini ditulis, kegiatan bimbingan dengan model BmW  sudah memasuki pertemuan tatap muka atau bertemu yang kedua,  yaitu pada Rabu  tanggal 23 Mei 2018. Pertemuan tersebut dilaksanakan di ruang kerja penulis di sekolah, dilaksanakan pada pukul 10.00 sampai dengan 11.15 WIT,  dan dihadiri lengkap semua guru ikut bimbingan teknis dengan model BmW ini. Agendanya,  antara lain mengevaluasi dan merefleksi hasil kerja peserta mengerjakan tugas format kisi-kisi soal yang telah dibagikan pada pertemuan pertama, dan kemudian memberikan informasi tentang tugas yang akan dikerjakan guru berikutnya, yaitu menyusun soal sesuai dengan kisi-kisi soal yang telah dibuat guru masing-masing.

#####

 

Views All Time
Views All Time
74
Views Today
Views Today
1
Previous articleMENULIS dan BUDAYA DAERAH
Next articleMODEL BIMBINGAN BmW
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY