KEGIATAN BIMTEK PROKTOR DAN TEKNISI UNBK. Bagian 1. Upacara Pembukaan Bimtek

0
18

Bertempat di aula SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Pelaihari dilaksanan pembukaan kegiatan  bimbingan teknis (bimtek)  bagi tenaga proktor dan teknisi UNK (Ujian Nasional Berbasis Komputer)  SMP dan MTs se Kabupaten Tanah Laut.   Beradasarkan data sekolah /madrasah yang diundang sebanyak 78 SMP dan MTs dengan mengirimkan masing-masing 2 (dua) pesertanya, sehingga peserta bimbingan teknis (bimtek)  tersebut berjumlah 156 orang.

Sebelum dilaksanakan kegiatan bimbingan teknisnya, terlebih dulu diawali dengan upacara pembukaan. Hadir dalam upacara pembukaan bimbingan teknis (bimtek) tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut, H.Dana Saputra, S.Pd dan  Anang Haryanto, S.Pd selaku Kepala Seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter (PDPK) Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar. Sekitar pukul 09.00 WITA upacara pembukaan bimtek proktor dan teknisi UNBK 2020 dimulai. Pembawa acara, Desy D, S.Sos selaku pembawa acara mengajak seluruh peserta membaca ‘basmalah’ sebagai pembuka acara kegiatan bimtek proktor dan tehnisi UNBK tahun 2020.

Seusai acara pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh salah satu peserta dan diikuti oleh seluruh peserta dan hadirin. Acara dilanjutkan dengan laporan penulis selaku penyelenggara kegiatan bimtek proktor dan teknisi UNBK tahun 2020. Dalam laporan tersebut penulis menyampaikan  dasar kegiatan bimtek, yaitu APBD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut Tahun 2020 ,pada Seksi Kurikulum dan Penilaian, kode rekening 1.01.101.16.02   tentang Penyelenggaraan Ujian Nasional pendidikan dasar.

Selain itu juga menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan bimtek, yaitu untuk memberikan bekal dan keterampilan bagi para proktor dan tehnisi dalam rangka pelaksanaan UNBK mandiri  di sekolah masing-masing atau bergabung dengan sekolah lain .Adapun tujuan kegiatannya adalah (1)  Memberikan pengetahuan dan keterampilan  dalam rangka pelaksanaan UNBK yang akan dilaksanakan di sekolah masing-masing; dan (2) Meningkatkan  pengetahuan dan pemahaman teknis dan operasional terkait tugas dan kegiatan proktor dan teknisi UNBK.

Penulis juga melaporkan bahwa kegiatan bimtek proktor dan teknisi UNBK tahun 2020 ini diikuti sebanyak 158 peserta yang berasal dari SMP dan MTs se Kabupaten Tanah Laut, dan akan mengikuti kegiatan bimtek selama 2 (dua) hari dengan tenaga instruktur /pelatih dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan. Sebelum mengakhiri laporan selaku penyelenggara kegiatan bimtek, penulis memohon dengan hormat kepada H,Dana Saputra, S.Pd selaku yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut untuk membuka secara resmi kegiatan bimtek tersebut.

Kemudian, sambutan ,Dana Saputra, S.Pd selaku Sekretaris Dinas yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut memberikan sambutan dan arahan kepada seluruh peserta bimtek proktor dan tehnisi UNBK tahun 2020. Dalam sambutan dan arahannya antara lain menyampaikan perlunya lebih awal dilaksanakan bimtek proktor dan teknisi ini dan  pemanfaatan laptop bantuan Dinas Pendidikan dan Kabudayaan  Tanah Laut tahun 2019 lalu untuk UNBK dan pembelajaran.

Selain itu beliau juga mengarahkan agar hasil UNBK tahun 2020 ini meningkat dari tahun sebelumnya, setidaknya sama dengan tahun lalu, yaitu berada pada peringkat 4 se Kalimantan Selatan. Ditegaskan pula, bahwa kesuksesan pelaksanaan UNBK tidak dapat dapat dilepaskan dari peran penting proktor dan teknisi. Oleh sebab itu, kepada peserta bimtek agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan, sehingga saat melaksanakan tugas nantinya diharapkan dapat mengatasi dan meminimalisir permasalahan saat UNBK nantinya. Setelah banyak memberikan informasi dan pengarahan, kemudian H,Dana Saputra, S.Pd dengan mengucapkan ‘basmalah’ membuka secara resmi Bimbingan Teknis Proktor dan Teknisi UNBK SMP dan MTs Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut tahun 2020.

Bimbingan Teknis Proktor dan Teknisi UNBK SMP dan MTs Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut tahun 2020 bertempat di aula SKB Pelaihari telah resmi dibuka dan selanjutnya kegiatan bimtek yang akan diisi oleh instruktur dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan, Farid Syauq. Upacara pembukaan bimtek bagi proktor dan tehnisi UNBK SMP dan MTs berakhir sekitar pukul 10.15 WITA.

Views All Time
Views All Time
19
Views Today
Views Today
1
Previous articleCATATAN PERTEMUAN DENGAN TIM KOORDINATOR PENYUSUN SOAL UAS SD TANAH LAUT
Next articleDASAR DESAIN GRAFIS UNTUK SMK KELAS X SEMESTER GENAP
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY