Kegiatan MATSAMA di MTsN 3 Mataram

0
97

Pada hari pertama masuk sekolah Senin (15/7/2019) seluruh guru dan staf karyawan serta siswa siswi MTsN 3 Mataram mengikuti apel pembukaan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun pelajaran 2019/2020 yang dipusatkan di halaman madrasah.

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah yang selanjutnya disingkat menjadi MATSAMA merupakan kegiatan yang dilaksanakan bagi peserta didik baru pada awal tahun pelajaran. Agar kegiatan MATSAMA bermanfaat, edukatif, kreatif, dan menyenangkan bagi peserta didik baru sebagaimana diungkapkan oleh Ketua Panitia MATSAMA Lalu Irwandi bahwa materi yang diberikan kepada siswa peserta didik baru selain pengenalan lingkungan madrasah adalah materi tentang penyalahgunaan narkoba oleh BNN Provinsi NTB, bahaya tauran yang disampaikan oleh Kapolsek Ampenan, budaya literasi oleh Kantor Bahasa Prov. NTB dan Gerakan hidup sehat dari unsur Puskesmas Karang Pule Mataram.

Menurut Lalu Irwandi bahwa kegiatan MATSAMA yang diadakan selama tiga hari mulai dari tanggal 15 hingga 17 Juli 2019 diikuti oleh 190 siswa peserta didik baru yang sudah dinyatakan lulus seleksi pada proses penerimaan siswa baru (PPDB) yang dijaring secara online dari 400 orang yang mendaftar mengangkat tema “Menjadi Siswa Unggul Dengan Sikap dan Perilaku yang Islami”.

Sementara Kepala MTsN 3 Mataram H. Suparman, M.Pd.I dalam sambutannya menegaskan kepada siswa kelas VII yang mengikuti MATSAMA agar lebih bersemangat dalam membentuk diri pribadi menjadi anak sukses, pintar, cerdas dan soleh sesuai tema yang diangkat oleh panitia MATSAMA, bagaimana mengejar cita-cita menjadi anak yang unggul dalam segala hal, unggul dalam prestasi, unggul dalam sikap tingkah laku, unggul dalam hal yang baik, “harapan saya tema ini tidak sekedar tulisan saja tapi bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari”, ungkap H. Suparman.

Disela-sela sambutannya H. Suparman menyampaikan kata-kata selamat dan bersyukur kepada siswa kelas VIII dan IX yang telah bwrhasil naik kelas peserta didik baru. Tentu keberhasilan ini tidak cukup diungkapkan dengan mnegucapkan Alhamdulillah tetapi ksyukuran itu harus dibuktikan dalam sikap tingkah laku yang baik seperti memberikan contoh yang baik kepada adek-adeknya yang kelas VII.

Sebelum mengakhiri sambutannya H. Suparman tak lupa berpesan kepada peserta didik baru khususnya kelas VII yang sudah diterima melalui seleksi ketat agar benar-benar masuk di MTsN 3 Mataram menjadikan madrasah tempat belajar dan beribadah, “karna orang sukses itu ciri-cirinya adalah menghabiskan waktunya untuk belajar dan mengejar prestasi sebab kalau berprestasi sangat mudah untuk masuk di sekolah-sekolah favorit”, ungkapnya.

Kegiatan apel pembukaan MATSAMA diakhiri dengan pelepasan balon udara dan penyematan atribut peserta matsama oleh Kepala MTsN 3 Mataram H. Suparman sebagai tanda resminya dibuka kegiatan Masa ta’aruf siswa madrasah.

(@ruslanwahid)

Views All Time
Views All Time
32
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY