Kekuatan seorang guru, catatan dari TOT SAGUSAPOP & MENUMUBALING di Bogor

0
59

 

Bagi sebagian orang, akhir pekan adalah waktu istirahat yang dinanti. Tapi bagi lebih dari 30 guru yang mengikuti Training of Trainer Sagusapop & Menumubaling IGI, liburan ini merupakan momen yang spesial untuk menimba ilmu yang dapat mereka bawa ke dalam ruang kelas masing-masing.

IGI atau Ikatan Guru Indonesia adalah organisasi guru yang berkonsentrasi penuh pada peningkatan kompetensi guru. Melalui diklat dan kanal pelatihan guru IGI berusaha membantu pemerintah agar guru dapat dengan mudah menimba ilmu yang bermanfaat bagi pengembangan dirinya. Saat ini ada 67 kanal pelatihan di IGI, SAGUSAPOP (Satu guru satu pola pembiasaan) dan MENUMUBALING (Menulis dengan mulut, membaca dengan telinga) adalah dua diantaranya. 

SAGUSAPOP, melalui rekaman foto, video maupun animasi dari keseharian yang positif, kanal ini berusaha mengajarkan keterampilan agar guru dapat berkreasi membuat video mereka sendiri. Melalui tayangan video tersebut diharapkan guru dapat melakukan penekanan dan membiasakan hal-hal baik agar tertanam menjadi karakter individu anak didiknya di sekolah yang akhirnya akan dibawa mereka ke masyarakat.

MENUMUBALING, guru yang menulis bisa mengekspresikan gagasan dan bisa memberikan manfaat. Kemampuan menulis seseorang sangat ditentukan oleh kualitas membacanya. Kanal ini mengajar aplikasi yang dapat menjadi solusi agar guru dapat menuliskan apa yang sedang dibicarakannya dan mendengarkan suatu buku atau bacaan yang dibacakan secara otomatis oleh aplikasi yang dijalankan di handphone.   

Guru dari berbagai kota mulai dari Bogor, Sukabumi, Karawang, Tasikmalaya, hingga Medan berkumpul di P4TK Penjas, Parung Bogor untuk mengikuti pelatihan 2 hari dari tanggal 29 – 30 Maret 2018 yang diadakan oleh IGI Kota Bogor.

Ibu Wulan Widaningsih, Ketua IGI Bogor dalam sambutannya mengapresiasi mereka yang mengambil bagian dalam pelatihan tersebut dan menginformasikan bahwa banyak kanal pelatihan lain yang dimiliki oleh IGI. Hal ini disambut dengan antusias oleh para guru dan banyak dari mereka menyatakan ingin bergabung sebagai anggota IGI.

Kekuatan seorang guru adalah kemampuannya memotivasi dan membagi ilmu kepada para siswa dan sesama guru. Peserta dari TOT ini akan menjadi calon-calon trainer yang aktif membagikan ilmu yang mereka dapat kepada guru-guru lain di seluruh Indonesia.

Views All Time
Views All Time
163
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY