Kenali Adanya Perundungan

0
7

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata perundungan (istirah yang paling dikenal adalah bulliying) adalah proses, cara, perbuatan merundung yang dapat diartikan sebagai seseorang yang menggunakan kekuatannya untuk menyakiti atau mengintimidasi orang-orang yang lebih lemah darinya. Biasanya dengan memaksanya untuk melakukan apa yang diinginkan oleh pelaku.

Jangan biarkan anak didik kita mengalami perundungan, baik dari teman sekelasnya, kakak kelasnya maupun dari gurunya. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh guru dalam mengenali adanya perundungan sehingga kejadian yang menimpa siswa dapat segera dicegah jangan sampai terjadi. Hal-hal yang bisa dilakukan yaitu dengan mengamati perilaku siswa-siswi baik pada saat jam belajar maupun di luar jam belajar.

Tentunya dengan upaya mengenali siswa baik pelaku maupun korban dengan melakukan wawancara, bukan tanpa sebab dia melakukan perundungan. Banyak pengaruh antara lain faktor keluarga, teman sebaya, dan media masa. Lakukan pencarian informasi yang terkait adanya indikasi faktor keluarga sebagai penyebab pelaku maupun korban, dengan menanyakan kepada siswa maupun tetangga dan teman terdekat, tentang hal-hal sebagai berikut ; tentang keluarga, hubungan dengan keluarga, komunikasi, nasihat, sikap orang tua kepada siswa, perlakuan orang tua dan waktu untuk bersama keluarga. Yang kedua jika faktor penyebab perundungan itu dari teman sebaya dengan menanyakan apa hobinya, siapa teman-teman yang punya hobi sama, berapa banyak teman-temannya, apa saja yang dilakukan atau dibicarakan. Yang ketiga jika faktor penyebab perundungan dari media massa dengan mengorek informasi tentang seberapa sering dia menonton televisi, media sosial, acara apa saja yang dilihat, mengapa menyukai tayangan itu, seberapa sering mengakses internet, bagaimana cara dan di mana dia mengakses internet, informasi apa saja yang dicari.

Mencegah lebih baik daripada mengobati orang bilang, pun demikian halnya dengan tindakan perundungan. Lebih baik mengenali gejala-gejala yang mengarah kepada tindakan perundungan baik berupa cacian, penggunjingan, pengucilan, pemukulan dan sebagainya berupa tindakan membuat orang lain tidak nyaman secara terus menerus adalah tindakan perundungan. Akibat perilaku perundungan bagi korban akan berimbas pada masa depannya, jangan sampai korban perundungan akan menjadi pelaku perundungan karena memungkinkan untuk berbuat untuk membalas dendam atas kesakithatiannya. Mari bersama-sama mencegah adanya perundungan.

Diambil dari berbagai sumber….Salam literasi

Malang, Desember 2020

Views All Time
Views All Time
28
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY