KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN

0
268

Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara guru, orang tua murid, masyarakat, dan pemerintah. Dengan demikian, semua pihak yang terkait harus senantiasa menjalani hubungan kerja sama dan interaksi dalam rangka menciptakan kondisi belajar yang baik bagi para siswa. Interaksi semua pihak yang terkait akan mendorong siswa untuk senantiasa melaksanakan tugasnya sebagai pelajar, yakni belajar dengan tekun dan bersemangat. Selanjutnya, hubungan timbal balik antara orangtua dan guru yang benilai informasi tentang situasi dan kondisi setiap murid akan melahirkan suatu bentuk kerja sama dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar siswa baik di sekolah maupun di rumah.
Hubungan kerja sama antara guru dan orangtua murid sangatlah penting. Hubungan kerjasama yang baik dapat dilakukan dengan berbagai cara,salah satunya adalah melibatkan orang tua dalam pendidikan anak. Dengan melibatkan orang tua dalam pendidikan anak tentu akan membawa banyak manfaat di antaranya adalah meningkatkan kepercayaan diri anak,hal ini terjadi karena anak merasa bahwa orang tuanya peduli terhadap pendidikanya. Selain itu manfaat lainya adalah meningkatkan semangat kerja guru dalam mendidik anak. Hubungan kerjasama yang seperti inilah yang akan membawa pengaruh positif dalam dunia pendidikan. Kepuasan orang tua terhadap pelaksanaan pendidikan pun akan meningkat.
Pentingnya keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah juga tentu berdampak positif juga terhadap orang tua,ada beberapa hal yang didapatkan orang tua jika orang tua mau terlibat dalam kegiatan sekolah di antaranya orang tua dapat dengan mudah memahami segala program yang di laksanakan sekolah. Selain itu orang tua juga dapat dengan mudah mengetahui perkembangan kemajuan belajar putra putrinya di sekolah,memberikan masukan,saran dan kritik untuk kemajuan sekolah. Hal yang tidak kalah pentingnya lagi adalah orang tua dapat menyesuaikan kegiatan anak di sekolah dengan di rumah. Apabila sekolah mengalami suatu kendala ataupun permasalahan orang tua dapat memberikan solusi untuk membantu sekolah mengatasi bebagai permasalahan yang dihadapinya.
Namun dalam pelaksanaan hubungan ini perlu diperhatikan prinsip saling melengkapi dan memperkuat satu dengan yang lainya. Agar guru tidak merasa dicampuri dengan keterlibatan orang tua begitu juga orang tua tahu batasan dalam hal membantu sekolah menciptakan suasana belajar yang kondusif. Saling menghargai,semangat gotong royong dan kekeluargaan juga merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua dan guru di sekolah.
Beberapa contoh keterlibatan orang tua disekolah seperti hadir pada hari pertama masuk sekolah,hal ini penting bagi orang tua untuk mengenal secara pribadi wali kelas anak di sekolah selama satu tahun pelajaran disamping itu juga memberikan kesempatan kepada guru untuk mengenal setiap orang tua siswa barunya. Selain itu orang tua juga dapat menginformasikan berbagai hal berkaitan dengan riwayat anaknya kepada wali kelasnya semisal sakit yang diderita atau hal-hal yang dapat menjadi informasi bagi wali kelas dalam hal mengevaluasi kemajuan yang di capai siswa selama setahun. Orang tua juga dapat menyepakati tata cara berkomunikasi dengan guru disekolah semisal dalam hal ada kendala yang dihadapi oleh guru berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Contoh lainnya menghadiri pertemuan dengan guru paling tidak pada pembagian hasil ulangan tengah semester dan pembagian raport siswa setiap semester. Hal ini penting dilakukan sebagai bahan evaluasi bersama antara guru dengan orang tua berkaitan dengan kemajuan belajar dan masalah yang dihadapi guru disekolah maupun kendala atau permasalahan yang dihadapi oleh orang tua di rumah. Hadir sendiri dalam setiap pembagian raport dapat memberikan umpan balik secara langsung bak guru maupun orang tua berkaitan dengan pendidikan anak di sekolah dan di rumah.
Selain bentuk keterlibatan di sekolah,di rumah juga orang tua seharusnya dapat terlibat langsung dalam mendidik anak. Bentuk pendidikan karakter dan budi pekerti bisa dimantapkan di rumah. Menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif serta mencegah dan menanggulangi terjadinya kekerasan pada anak merupakan bentuk keterlibatan orang tua dalam mendidik anak di rumah.
Berbagai kegiatan bisa dilakukan di rumah sebagai bentuk pembiasaan seperti terbiasa mengerjakan pekerjaan sendiri,pamitan bila hendak bepergian atau keluar rumah,kebiasaan hidup besih dan sehat,belajar membantu pekerjaan orang tua di rumah sesuai dengan kemampuanya dan yang tidak kalah pentingnya adalah mendampingi anak dalam kegiatan belajar di rumah secara rutin.
Berbagai kegiatan dan keterlibatan orang tua baik di sekolah maupun di rumah tentu akan berdampak positif terhadap kemajuan belajar anak. Hal inilah yang seharusnya terus diupayakan oleh kedua belah pihak baik guru maupun orang tua di rumah. Jalinan komunikasi yang baik antara guru dan orang tua berkaitan dengan kemajuan pendidikan anak merupakan tanggung jawab bersama. Sehingga tidak adalagi istilah saling menyalahkan antara orang tua siswa dengan guru. Kita sering mendengar keluhan guru ketika menghadaapi permasalahan pada anak didiknya dan menyalahkan orang tuanya begitu juga sebaliknya orang tua juga menyalahkan guru jika mengalami permasalahan baik menyangkut pelajaran ,sikap maupun prilaku pada putra dan putrinya.
Hubungan yang baik antara guru,orang tua,masyarakat dan pemerintah diperlukan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan merupakan tanggung jawab kita bersama. Kerjasama yang baik dari semua unsur tersebut memang sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan kita. Pendidikan tidak akan maju jika diantara guru,orang tua,masyarakat dan lingkungan tidak memiliki perspektif yang sama dalam pendidikan. Untuk itu marilah bersama-sama mengupayakan pendidikan yang terbaik utuk putra putri generasi penerus bangsa dimasa yang akan datang dengan tetap mengedepankan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua.

Views All Time
Views All Time
427
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY