Ketika Budaya Terdistorsi Zaman

0
16

Budaya adalah hasil cipta, karsa dan karya yang melekat pada masyarakat tertentu. Budaya merupakan kekayaan dan keberagaman yang menjadi kebanggaan bangsa. Indahnya Indonesia karena keberagaman. Dunia berdecak kagum pada Indonesia karena keindahan dan kemajemukan budaya yang ada dibumi pertiwi ini.

Minangkabau sebagai salah satu suku yang mendiami nusantara banyak memberikan sumbangsih non materi pada bangsa Indonesia. Keelokan adat dan keindahan budaya minang begitu disanjung dan dikenal seantero negeri. Sebagai generasi penerus bangsa sudah sepantasnya lah kita menjaga dan melestarikan budaya Minangkabau. Pendidikan di Indonesia membuat kebijakan untuk mempelajari budaya lokal melalui pembelajaran muatan lokal di setiap daerah. Budaya Alam Minangkabau ( BAM) adalah salah satu mata pelajaran yang harus diajarkan pada tingkat Sekolah Dasar (SD) di Sumatera Barat. Harapannya adalah bagaimana siswa sebagai pelopor masa depan dapat mencintai dan menjunjung tinggi budaya daerahnya. Salah satunya adalah dengan belajar budaya minang dan mempraktekkan bagaimana budaya itu dilakukan.

Profil di atas adalah satu praktek wajib setiap tahunnya untuk bagaimana siswa bisa mencobakan sendiri bagaimana budaya Minangkabau itu diperlakukan. Baju adat daerah yang dipakai harus sesuai dengan aturan dan tatanan adat Minangkabau dalam pemakaiannya. Semoga dengan praktek budaya yang dilaksanakan di SDN 22 Mata Air Barat khususnya dapat memupuk kecintaan siswa akan budayanya karena perkembangan zaman sekarang ini sangat memungkinkan distorsi budaya atau pengikisan budaya terjadi pada generasi di masa depan.

Views All Time
Views All Time
22
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY