Ketika Guru (tidak lagi) Membaca dan Menulis

0
25

Guru adalah orang yang memiliki banyak kemampuan dan kompetensi sehingga dapat memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak didiknya di sekolah. Kemampuan dan kompetensi guru tentu bukan sekadar bisa memberikan pelajaran (transfer of knowledge) saja, akan tetapi harus mampu menjadi agen perubahan bagi anak didiknya.

Kemampuan dan kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru hendaknya bukan itu-itu saja tanpa ada kemajuan dan perkembangan. Salah satu untuk meningkatkan kemampuan mendidik seorang  guru adalah melalui membaca. Membaca dalam arti luas, bukan sekadar membaca buku pelajaran akan tetapi membaca literatur-literatur yang dapat menunjang kompetensi seorang guru, juga membaca keadaan sekitar dia berada dan lingkungan dimana dia bertugas.

Membaca adalah kegiatan yang sarat manfaat dan sangat penting dalam kehidupan kita. Banyak orang sukses dan cerdas karena kecintaan mereka membaca buku dan belajar. Oleh sebab itu tingkatkan intensitas membaca terutama di waktu senggang dan dimanapun kita berada.

Berikut manfaat membaca dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita dapatkan, antara lain:

  • Membaca membangun pondasi yang kuat untuk dapat mempelajari dan memahami berbagai disiplin ilmu sekaligus mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Senang membaca meningkatkan kecerdasan verbal dan lingusitik karena membaca memperkaya kosa kata dan kekuatan kata-kata.
  • Membaca mencegah rabun mata, karena membaca melatih dan mengaktifkan otot-otot mata.
  • Membaca mencegah kepikunan karena melibatkan tingkat konsentrasi lebih besar,mengaktifkan, dan menyegarkan pikiran.
  • Kegemaran membaca membantu meningkatkan kecerdasan, serta meningkatkan daya kreativitas dan imajinasi.
  • Membaca membantu memperbaiki rasa percaya diri, mengembangkan kemampuan memanajemen emosi, dan meningkatkan kemampuan melakukan interaksi sosial positif di mana pun dan kapan pun.
  • Membaca membentuk karakter dan kepribadian, sampai-sampai ada pepatah yang mengatakan, “Apa yang kita baca sekarang, seperti itulah kita 20 tahun yang akan datang”.
  • Membaca menjadikan kita lebih dewasa, lebih arif dan bijaksana dalam menjalani kehidupan.

Sebagai seorang guru, membaca lebih memberikan hal-hal positif bagi peningkatan kompetensinya. Sehingga dengan banyak membaca seorang guru akan lebih berkualitas dan menjadi guru yang profesional.

Ironisnya sekarang, ada fenomena yang tumbuh di kalangan guru adanya daya baca dan menulis menurun. Hal ini terlihat ketika sesorang guru yang mengajar dengan pola-pola dan strategi lama, tidak ada perubahan dalam sikap dan mindset dalam mendidik. Kenapa hal ini bisa terjadi karena daya minat baca terhadap perkembangan, terutama yang ada dalam buku sangatlah menurun. Jangankan menulis, membaca saja sangatlah malas.

Sebagai guru yang berada di era digital ini sesungguhnya tidak ada alasan lagi untuk malas membaca dan menulis. Banyak membaca baik melalui buku-buku referensi maupun membaca tulisan-tulisan yang ada di internet, akan mampu memberikan inspirasi bagi seorang guru menjadi guru yang hebat. Selanjutnya dengan banyak membaca, seorang guru akan diarahkan untuk memiliki kemampuan untuk menulis dan menulis.

Menulis bagi guru adalah mudah. Caranya melalui kegiatan sehari-hari yang dia lakukan, ketika masuk kelas dia tulis apa yang dia sampaikan baik model dan strategi yang telah dipraktikan kepada siswa, sehingga mampu memberikan makna dan inspirasi bagi guru-guru yang lain.

Berapa banyak guru sekarang yang sudah memiliki buku karyanya sendiri? sangat sedikit dan bahkan seorang guru yang selama hidupnya 10 tahun atau bahkan sampai 30 tahun bertugas tidak ada satu bukupun yang ia hasilkan. Ironis sekali bila hal ini terjadi bagi Guru-guru hebat sekarang ini. Tidak ada satu tulisan yang dihasilkan oleh seorang guru sia-sia belaka, yang ada satu tulisan akan menjadi amal jariyah bagi generasi-generasi yang akan datang. Ayo banyak-banyak membaca, ayo mulai sekarang kita menulis dan menulis, tiada hari tanpa menulis dan menulis.

Salam literasi !

Views All Time
Views All Time
26
Views Today
Views Today
2

LEAVE A REPLY