Kisah Teladan Rasul: Mereka Tidak Menyadari Apa yang Mereka Lakukan

0
21

Penduduk Mekah tidak bisa melupakan kekalahan mereka atas kaum muslimin saat perang Badar. Kekalahan itu serasa menikam jantung, laksana racun yang membakar mereka dengan nafsu dendam.

Berkobarlah api dendam yang selama ini terpendam. Tiga ribu prajurit pilihan di bawah pimpinan Abu Sufyan bergerak menuju Madinah. Sejumlah srikandi Arab, di bawah komando Hindun ikut pula dalam barisan. Mereka menyanyikan lagu-lagu peperangan, meneriakkan yel-yel dan mengancam akan mengusir kaum muslimin dari rumah-rumah mereka. Ekspedisi ini merupakan ancaman yang besar bagi Islam yang masih berada pada masa-masa awal. Karena kekalahan yang telak bisa menyebabkan bencana dan bahkan melenyapkan sama sekali komunitas muslimin yang masih sedikit itu.

Rasulullah membahas ancaman ini dalam suatu majelis bersama para sahabat. Saat itu jumlah kaum muslimin hanya sedikit, tetapi mereka diilhami oleh  semangat keimanan yang tak tergoyahkan akan kebenaran agama Islam. Karenanya mereka memutuskan untuk menghunus pedang guna membela keyakinan mereka. Rasulullah bersama seribu tentaranya keluar Madinah  menyambut kedatangan pasukan Quraisy.

Belum lama mereka melakukan perjalanan, ‘Abdullah bin Ubay, dedengkot kaum munafik, bersama sekitar tiga ratus pasukan melakukan desersi dan membelot dari pasukan muslim. Sehingga hanya dengan tujuh ratus orang tentara Rasulullah menghadapi musuh di dekat Jabal Uhud.

Pertempuran sengit pun terjadi, dengan kemenangan awal di tangan kaum muslimin. Pada mulanya tentara muslim meraih kemenangan. Mereka berhasil memukul mundur pasukan lawan. Barisan pasukan musuh bisa ditembus. Pasukan lawan berhasil mereka paksa mundur. Bahkan beberapa orang di antara mereka melarikan diri dari medan tempur. Gejolak kemenangan awal ini membuat   sebagian pasukan muslim melupakan tugas mereka, mereka meninggalkan pos-pos yang sudah ditentukan dan bergerak maju mendekati lawan, hingga membual: sebagian yang lain bingung.

Melihat kebingungan itu, pasukan musuh tidak menyia-nyiakan waktu. Dengan cepat mereka mengkonsolidasikan kekuatan dan kembali menyerang pasukan  muslim dari kaki bukit dengan kekuatan baru. Pasukan muslim bertempur dengan keberanian luar biasa. Namun keberanian semata, tidak segera menghilangkan kekacauan yang telah ditimbulkan oleh pasukan yang tidak disiplin. Sejumlah tokoh muslim gugur di medan perang. Jumlah pasukan yang terluka lebih besar lagi.

Rasulullah sendiri menderita luka parah, dahinya luka memar dan robek terkena lemparan batu, giginya retak, topi bajanya terbenam dalam ke kepalanya. Beliau tergeletak tak berdaya di sebuah parit perlindungan. Ali mengangkat tubuh beliau.

Segera setelah Rasulullah terjaga dari pingsan, beliau menyeka darah yang membasahi muka dan dengan menengadah ke langit beliau memanjatkan doa:

“Ya Allah, tunjukkanlah kaumku ke jalan yang benar, karena mereka tidak menyadari apa yang mereka lakukan!”

(Dari: Hirak Har, al-Bukhari, Ibnu Hisyam)
Sumber: Kisah-Kisah Teladan Rasulullah, Para Sahabat dan Orang-orang Saleh. Judul Asli: Anecdotes from Islam, SH. Muhammad Ashraf, Kashmiri Bazar, Lahore (Pakistan)


Baca Artikel lainnya:

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SMP/MTs Tahun 2018

Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013. Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMP Revisi Juni 2017 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Aplikasi support pada Ms Excel 2007 dan Ms Excel 2010 (lebih baik). Aplikasi diformat dengan ekstensi *.exe (Application). Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 8 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 8 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2. Baca selanjutnya …

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 MI Revisi Tahun 2018

Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013.
Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Desember 2016 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Aplikasi support pada Ms  Excel 2010. Aplikasi diformat dengan ekstensi *.exe (Application).Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2. Kemudahan AplikasiGuru hanya input Data Siswa dan Nilai Siswa. Kompetensi Dasar (KD) sudah terintegrasi dalam aplikasi. Deskripsi capaian otomatis muncul, demikian juga deskripsi sikap spiritual dan sikap sosial.Baca selanjutnya …

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SD Tahun 2018

Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013.
Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2. Kemudahan AplikasiGuru hanya input Data Siswa dan Nilai Siswa. Kompetensi Dasar (KD) sudah terintegrasi dalam aplikasi. Deskripsi capaian otomatis muncul, demikian juga deskripsi sikap spiritual dan sikap sosial. Output Aplikasi1. Nilai-Predikat, Deskripsi setiap mapel 2. Raport UTS  3. Raport Semester        4. Daftar Kumpulan Nilai (DKN) per siswa  5. Daya Serap mapel/kelas  6. Buku Induk Lengkap. Baca selanjutnya …

Semoga Bermanfaat.

Views All Time
Views All Time
116
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY