Koreksi Otomatis Salah Ketik Saat Menggunakan Ms. Word

0
9
https://www.abiebdragx.me/
abiebdragx

Koreksi Otomatis Salah Ketik Saat  Menggunakan Ms. Word – abiebdragx.me

“Manusia adalah tempat salah” kurang lebih seperti itu ungkapan yang sering muncul di sinetron-sinetron Indonesia, saya sangat setujua sekali. Salah disini bisa berupa kesalahan ngomong, tindakan dan masih banyak lainnya. Sebagai seorang pemula dalam dunia tulis-menulis di blog, sudah sangat sering sekali saya saya ketik dan karena memang kebiasaan tidak membaca hasil tulisan akhirnya ya acak adul tulisan saya hehe. tetapi beberap hari lalu saat say disibukan oleh berondongan tugas-tugas dari bpk dan ibu guru yang terhormat untuk mengantisipasi kebiasaan saya dalam hal kesalahan atau sebutan kerennya typo tulis menulis, saya menemukan solusinya.

Untuk anda yang gemar menulis saya sarankan gunakan fitur menarik satu ini, yakni fitur Custom Dictionary, anda pasti pernah mengetik dalam bahasa inggris menggunakan Microsoft Word dan saat anda salah mengetik kata-kata yang salah tadi secara otomatis kata-kata tersebut bergaris merah, ini adalah mekanisme sistem dalam Microsoft Word, tetapi bagaimana jika anda menulis menggunakan bahasa Indonesia?

Nah disini, mari kita manfaatkan. bagaimana caranya? kita install custom dictionary BAhasa Indonesia tentunya. untuk itu silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Download bahannya dulu : DOWNLOAD

-Bahan yang anda download tersebut merupakan Plugin kamus bahasa Indonesia, dan dapat bekerja pada Microsoft 2003, 2007, 2010, 2013 dan 2016.

Baca juga: publikasi artikel jurnal terindex scopus terbit dalam satu bulan

2. Sekarang anda harus mengganti pengaturan Folder Option untuk menampilakan folder yang tersembunyi.

* untuk pengguna Windows 7

– Buka tab menu Organize lalu Folder and Search Options. Akan muncul window baru, pilih menu View lalu beri tanda pada Show Hidden Files, Folders, and Drives lalu klik OK. lebih jelasnya ikuti gambar dibawah ini:

Koreksi Otomatis Salah Ketik Saat Menggunakan Ms. Word

* Untuk pengguna Windows 8 dan 10

– Cukup Pilih menu View lalu beri centang atau ceklis pada Hidden Items

3. Nah kenapa anda harus menampilkan folder yang tersembunyi? tujuannya untuk menyalin file yang sudah anda download ke direktori ini: C:\Nama komputer anda\AppData\Roaming\Microsoft\UProof


4. Jika sudah disalin, mari buka Microsoft Wordnya (Disini saya menggunakan MS. Word 2010)

Pilih menu File lalu Option. Maka akan muncul window baru, anda klik tab menu Proofing lalu lihat pada bagian Chek spelling as you type, Mark grammar errors as you type dan Chek grammar with spelling. Jika ketiganya belum terceklis, berikan ceklis untuk semuanya, tetapi jika sudah. Biarkan saja. Sekarang anda klik Custom Dictionaries… ikuti gambar dibawah untuk lebih jelasnya.

Koreksi Otomatis Salah Ketik Saat Menggunakan Ms. Word

5. setelah anda klik Custom Dictionaries.. maka akan muncul window baru anda hanya perlu pilih Add.. muncul window baru lagi

Koreksi Otomatis Salah Ketik Saat Menggunakan Ms. Word

6. Sekarang pilih file yang tadi anda download. jika sudah maka tampilannya akan seperti dibawah ini.

* Pada Dictionary Language: harus All Language

Koreksi Otomatis Salah Ketik Saat Menggunakan Ms. Word

7. Jika sesuai dengan gambar anda tinggal klik OK.

8. Sekarang menuju halaman utama Microsoft Word, pilih menu Review lalu Language kemudian Set Proofing Language. akan muncul kotak dialog, anda cari Indonesian jika sudah ketemu berikan ceklis pada Detect Language Automatically tetapi jangan pada Do not chek spelling or grammar.  lebih jelas ikuti gambar dibawah ini:

Koreksi Otomatis Salah Ketik Saat Menggunakan Ms. Word

9. Selesai. Sekarang setiap kali anda mengetik menggunak bahasa indonesia dengan ejaan yang salah akan ditandai oleh sistem dengan indikator kata tersebut berwana merah. anda cukup klik kanan pada kata tersebut sistem akan memberikan beberapa kata yang cocok untuk anda pakai. anda tinggal memilihnya.

Sekian dulu tips kali ini, jika masih ada yang bingung atau kurang jelas, silahkan komentar dibawah. Terima kasih banyak.

Sumber: koreksi otomatis salah ketik saat menggunakan MS Word

Views All Time
Views All Time
10
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY