Krisis Teladan

0
9

Membangun Character Building pada diri siswa dimulai sejak usia dini. Tingkat pendidikan di Sekolah Dasar adalah ujung tombak dalam pembentukan karakter siswa. Titik fokus dalam kurikulum 2013 adalah bagaimana siswa dapat tumbuh dan berkembang dengan menjiwai kejujuran, disiplin, sikap tanpa pamrih, nasionalisme, integritas, bela negara, berani serta kesadaran hati yang tulus dalam kehidupannya. Salah satu kegiatan yang dapat memupuk dan menumbuhkembangkan character Building siswa adalah pelaksanaan kegiatan Upacara Bendera. Nasionalisme, kedisiplinan jelas merupakan suatu hal yang dituntut dalam pelaksanaannya.

Rutinitas kegiatan upacara bendera setiap hari Senin seantero Nusantara seharusnya dapat membentuk karakter siswa yang disiplin, nasionalisme dan cinta tanah air serta gerakan baris berbaris yang sempurna. Namun dikenyataannya, terkadang banyak usaha tersebut stagnan, jalan ditempat dan monoton dengan kesalahan-kesalahan yang itu ke itu saja dilakukan siswa selama upacara bendera.

Berangkat dari fenomena di atas, mendasari Susmayeni, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN 22 Mata Air Barat untuk melakukan Finish Evaluation. Evaluasi tuntas dan terbimbing dilakukan agar kesalahan yang sama tidak terulang dimasa depan. M.Rezki Putra, M.Pd selaku guru kelas di SDN 22 Mata Air Barat menilai, Evaluasi tuntas dan terbimbing yang dilakukan Kepala Sekolah setelah siswa melaksanakan kegiatan apapun di sekolah, merupakan langkah yang efisien untuk pembentukan karakter dan sikap sempurna bagi siswa. Hal ini dikarenakan evaluasi tuntas dan terbimbing ini termasuk pembelajaran direct atau langsung. Siswa langsung melihat, merasakan dan melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

Menghadapi pendidikan era 4.0 ini, siswa tidak kekurangan ilmu pengetahuan. Semua media pembelajaran dan potensi yang dimiliki siswa dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran di sekolah. Begitu juga sarana dan prasarana di era milineal ini. Akses internet yang tanpa batas, tutorial pembelajaran yang banyak tak berkesudahan. Siswa tidak kekurangan itu tapi siswa krisis akan teladan. Teladan guru memberikan contoh ketika di depan, teladan guru membimbing siswa ketika berdampingan dan teladan guru memberikan dorongan pada siswa ketika dibelakang. Finish Evaluation yang selalu di terapkan di SDN 22 Mata Air Barat Kec.Padang Selatan Kota Padang Propisni Sumatera Barat merupakan salah satu cara untuk mengembalikan marwah guru sebagai teladan utama siswa di sekolah. Teladan guru akan erat melekat laksana beringin yang akarnya selalu berpaut. Insyaallah.

Views All Time
Views All Time
45
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY