Ku Kejar Dirimu SEAMEO

0
34

Bermula dari sebuah pesan yang masuk di HPku saat berada di dalam kelas waktu jam istirahat berbunyi. Secepatnya aku melihat pesan tersebut karena takutnya ini berhubungan dengan wali murid dari siswa siswi 2C. saat kubuka pesan tersebut ternyata sebuah pesan dengan tulisan berwarna biru yang datang dari seorang Founder Sagusavid Riau Pak Tri Goesama yang mengabarkan bahwa terbuka pelatihan SEAMEO gratis bagi yang ingin bergabung.

Membaca nama SEAMEO sekilas aku jadi penasaran dan ingin mengetahui tentangnya. Sebenarnya ini pelatihan tentang apa ya? Bisikku. Karena rasa ingin tahu dan penasaran maka akupun langsung mendaftarkan diri meskipun aku sama sekali tidak mengetahui apa maksud dan arah dari pelatihan ini.

Setelah mendaftar, akupun mengabari kembali Pak Tri Goesama bahwa sudah daftar di whatshap IGI Riau. Waktupun berjalan seperti biasanya hingga suatu sore aku digabungkan ke grup VC 44 Sumatera 1. Ketika bergabung, aku sempat kebingungan karena tidak mengerti mengapa bisa bergabung disini namun setelah pemberitahuan maka akupun memahami bahwa pendaftaran yang aku lakukan beberapa hari yang lalu ternyata membuahkan hasil.

Alhamdulillah bisikku. Terima kasih ya Allah atas semua waktu dan kesempatan yang telah diberikan Allah kepadaku. Ini adalah kedua kalinya dalam hidupku mengikuti pelatihan online yang mana saat pertama mengikuti pelatihan online bersama SAGUSABLOG Maluku Belajar meskipun aku gagal dalam pelatihan ini karena tidak dapat  menyelesaikan tugas disebabkan beberapa hal.

Untuk pelatihan kali ini, aku tidak ingin gagal lagi seperti yang pertama. Aku akan berusaha semaksimalku agar bisa mengikutinya. Alhamdulillah di grup VC 44 Sumatera 1 banyak teman serta ilmu yang bisa aku nikmati serta disini aku memiliki banyak tutor yang tingkat kesabarannya luar biasa dan wajib diacungi jempol.

Malam ini adalah pembukaan dari pelatihan SEAMEO dan diikuti oleh seribu sepuluh orang dari seluruh nusantara. Pelatihan ini telah diakui ASIA. Akupun berusaha bergabung dengan pelatihan ini dan diarahkan oleh semua tutor terutama Pak Didi dan Kak Rose.

Untuk malam ini ternyata aku gagal dalam mengikuti pembukaan yang langsung disampaikan oleh Pak Gatot yang merupakan Founder SEAMEO setahuku. Aku sudah berusaha mengikuti semua arahan dari tutor untuk mendownload aplikasi WEBEX melalui laptop karena HPku tidak bisa berfungsi sama sekali hal ini disebabkan ruang penyimpanannya yang kecil.

Malam ini aku gagal dan kemudian aku menelpon bang Wawan serta memintanya ke rumah untuk membantuku mendownload aplikasi WEBEX di laptop kesayanganku ini yang telah dan sangat berjasa menemaniku Sembilan tahun ini. berkat laptop dan IGI aku telah menerbitkan empat buah buku dan insya allah tulisan ini adalah buku kelimaku.

Selepas maghrib bang Wawanpun ke rumah dan berusaha mendownload aplikasi yang aku minta namun sudah hampir dua jam, aplikasi ini tidak bisa bekerja di laptopku sementara di whatshapp VC 44 Sumatera 1, aku melihat semua teman yang bergabung sangat antusias bertanya kepada semua tutor. Sedih rasanya namun mau bagaimana lagi? Aku tidak bisa berbuat apa – apa karena bang Wawan yang anak lulusan IT pun tidak bisa membantu. Akupun tidak tau apasih yang salah dengan laptop kesayanganku ini.

Setiap hari aku berusaha mendownload aplikasi ini dan memantau sejauh mana perkembangan teman – teman yang asyik dengan pelatihan bersama semua tutor. Waktupun terus berjalan dan tak terasa sepuluh hari telah berlalu namun aku masih seperti pertama dan tidak bisa apapun. Aku melihat di grup VC 44 Sumatera 1 banyak teman yang telah menyelesaikan tugasnya sebagai host sebanyak dua kali, sebagai moderator sebanyak dua kali dan sebagai presenter sebanyak dua kali. Dan saatnya bagi teman yang telah menyelesaikan tersebut agar mengirim semua bukti otentiknya di kantong pengumpulan tugas.

Membaca pesan ini ada sedikit kecemburuan dan iri hati dengan semua teman yang telah menyelesaikan tugasnya dan kebangganku juga tersirat disini karena banyak teman yang telah berhasil dalam pelatihan ini meskipun aku masih di titik nol.

Suatu siang di sekolah aku di telephone oleh nomor yang tidak dikenal dan segera mengangkatnya. Ternyata oh ternyata yang menelponku adalah Pak Didi tutor dari pelatihan ini yang saat itu sedang berada di Aceh. Pak Didi bertanya kepadaku kendala yang aku hadapi dalam mengikuti pelatihan ini.

Semuanya aku ceritakan kepada Pak Didi dan beliau dengan begitu sabar serta penuh semangat memotivasi serta membimbingku meskipun sampai saat pelatihan hari ke tiga belas namun aku belum mampu untuk bergabung bersama pelatihan SEAMEO ini.

Rasa kecewa dan putus asapun diam – diam merasuki relung hatiku yang paling dalam sementara di grup VC 44 Sumatera 1 sudah banyak teman mengumpulkan tugas ke kantong tugas dan hanya menunggu sertifikat saja. Selamat ya teman – teman yang telah berhasil dalam pelatihan ini. aku sangat iri dengan kalian semua namun apa dayaku karena ketidak mampuan laptopku untuk menginstal WEBEX tidak pernah bisa di download.

Pelatihan tinggal beberapa hari saja namun aku belum mampu juga mengikutinya. Kemudian aku meminjam HP kakak iparku untuk mencoba mengikuti pelatihan ini. aku masih teringat saat pagi Kamis, akupun meminjam HP tersebut dan membawanya ke sekolah.

Alhamdulillah di hari ini aku hanya mengajar dua jam saja dan itupun siang hari. dari pagi aku telah mengungsi diri ke pustaka dan menitipkan pesan sama siswa jika ada yang mencariku. Berhubung saat itu aku juga lagi puasa.

Sesampainya di pustaka, aku merasa ruangan yang adem dan sepi. Akupun mulai beraksi dengan HP pinjaman tersebut. Dengan berbagai cara serta bantuan para teman yang telah terlebih dahulu sukses di pelatihan ini, aku dibimbing dan di arahkan terutama oleh Bunda Yusfia. Namun keadaan tidak juga berpihak kepadaku.

Kecewa, putus asa, marah menjadi satu di dalam hatiku. Tepat pada pukul 11.30 WIB aku angkat tangan di grup VC 44 Sumatera 1 dan suatu saat nanti akan bergabung kembali. Mungkin sudah nasibku seperti ini dan mungkin belum saatnya aku mengetahui tentang SEAMEO ini.

Setelah pesan ini ku kirim ke grup maka Bunda Yusfia mengirim pesan dan nomor HP yang harus aku hubungi dan ternya itu adalah nomor HP Kak Rose yang merupakan salah satu tutor dalam pelatihan ini. akupun segera menelpon Kak Rose kemudian beliau membimbing dan mengarahkanku secara perlahan menggunakan HP yang aku pinjam tadi.

Alhamdulillah ya Allah tak lama kemudian akupun bisa bergabung di WEBEX bersama teman yang saat itu sedang berlangsung sesi tanya jawab. Aku senang sekali ya Allah dan tak terasa bulir hangat yang bening jatuh di sudut mata indahku.

Subhanallah, Alhamdulillah ya Allah bisikku. Perjuanganku selama tiga belas hari pelatihan telah membuahkan hasil. Aku sangat bahagia dan gembira sekali meskipun baru memulainya dari awal. Pelatihan tiggal tiga hari lagi. Aku berusaha mengikuti setiap ada sesi. Hari ini aku telah mengikuti tiga sesi yang dipersembahkan oleh teman – temanku.

Setiap sesinya aku selalu mempelajari  dan bertanya  tentang apa saja tugas saat menjadi host, moderator serta saat menjadi presenter. Kemudian aku memberanikan diri di Hari Jum’at untuk menjadi presenter dengan judul : Pangek Itiak Lado Mudo yang biasa di buat oleh keluargaku di hampir setiap acara keluarga.

Aku berusaha membuat slide menggunakan Power Point meskipun aku belum terbiasa. Di sekolah keesokan harinya aku meminta bantuan kepada Berlian dalam membuat presentasi hari ini dan alhamdulillah sesinya berjalan dengan lancar. Di Hari Jum’at tiga tugas yang aku kejar hingga malam hari. tinggal tiga tugas lagi di Hari Sabtu yang harus aku selesaikan.

Berkat bantuan dan support semua teman serta tutor, akhirnya aku bisa juga menyelesaikan semua tugas tersebut dan sekarang tantangannya adalah mengirim bukti fisik tersebut ke kantong tugas. Alhamdulillah ya Allah bisikku.

Satu tugas telah selesai dan tinggal tugas berikutnya yang harus di setorkan. Untuk mengunggah rekaman ke youtube, aku meminta  bantuan bang Wawan serta selalu bertanya kepada teman – teman yang lain. Bunda Yusfia selalu ada untukku kapan saja. Terima kasih ya Bunda atas semua support dan bantuannya hingga akhirnya semua tugas telah terselesaikan.

Aku sangat beruntung sekali bisa mengikuti pelatihan ini karena banyak teman serta ilmu yang aku dapatkan dan sekarang aku telah bisa membuat flayer sendiri meskipun belum sebagus teman yang lain. Terima kasih aku ucapkan untuk semua Tutor serta teman yang telah membantuku hingga menuntaskan dan menyetor ke kantong tugas dan saat ini aku hanya menunggu keluarnya sertifikat.

Satu hal yang aku pahami dalam pelatihan ini adalah support serta kerja sama tim yang saling mendukung sehingga terbentuklah suasana nyaman dan kekeluargaan yang saling melengkapi satu dan lainnya.

Terima kasih SEMEO berkatmu aku memperoleh banyak ilmu serta saudara se Indonesia yang bergabung dengan VC 44 Sumatera 1 dan semoga silaturrahmi ini terjalin hingga akhir hayat. Amin ya rabbal alamin.

Terima kasih semua tutor untuk semua waktu serta kesabaran dalam membimbing serta mengarahkanku hingga mampu menyelesaikan serta menyetor tugas ke kantong tugas………….. terima kasih untuk semua teman yang saling support…………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Views All Time
Views All Time
128
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY