Lagi, Penanaman Budi Pekerti di Sekolah Dengan Tugas Bermain Peran

0
26

Budi pekerti menurut KBBI adalah sebuah tingkah laku, perangai, serta akhlak dan watak. Penerapan budi pekerti di sekolah terutama di sekolah dasar adalah salah satunya pendidikan penanaman budi pekerti untuk mencetak manusia yang berkarakter, berbudaya dan berbudi luhur.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan yang pertama pada waktu bel berbunyi anak-anak berbaris di depan pintu kelas dengan tujuan untuk mendidik budaya antri, yang kedua mengucapkan salam mendidik untuk memupuk rasa sayang seperti bersaudara, yang ketiga berdoa sebelum dan sesudah belajar karena doa itu merupakan ungkapan rasa syukur kita kepada Allah penanaman aspek nilai agama dan moral pada anak, yang keempat membersihkan ruang kelas dengan tujuan selain menjaga kebersihan juga menanamkan rasa tanggung jawab.

Pelaksanaan Pembelajaran Budi Pekerti:

Skenario Role Playing:
Prolog:
Keluarga Cemara adalah keluarga yang harmonis ada sosok seorang abah dan emak yang dapat menciptakan iklim positif untuk tumbuh kembangnya anak. Keluarga tersebut mempunyai 3 orang anak yaitu Euis, Ara dan Agil.
Emak adalah seorang istri yang baik dan sayang keluarga, juga mencoba membantu Abah untuk menghasilkan uang bagi keluarga kecil mereka. Ia menjual opak, sejenis kerupuk emping.
Anak pertama Euis juga membantu Emak untuk memasarkannya di sekolahnya. Meski di awal, Euis masih malu-malu dan sungkan menjual opak di Sekolah, namun berkat kedua teman perempuannya, ia akhirnya mulai terbiasa melakukan itu.
Anak kedua adalah Ara (Cemara) karakter Ara sebagai anak yang manis dan baik hati selalu tampil sebagai penyejuk bagi beberapa masalah yang dialami Abah, Emak, kakaknya (Euis) dan adiknya Agil.
Anak bungsu Abah dan Emak yang bernama Agil berarti Ragil adalah sosok yang centil, usil, menggemaskan sehingga menjadi penghibur dan penyemangat keluarga Cemara.

Coba anak-anak bentuk kelompok terdiri dari 6 orang yang berperan sebagai Keluarga Cemara dengan cerita sebagai berikut:

Pada suatu hari Abah bersama Emak sibuk memanen singkong hasil kebun di belakang rumah. Nah sebagai anak Abah yang berbudi luhur, berkarakter, apa yang dilakukan oleh ketiga anak Abah dan Emak? Kalian susun peran dan tugas masing-masing ya. Bu Guru berikan waktu 15 menit, untuk persiapan membuat pementasan drama kalian. Semangat!

Guru Berkualitas, Anak Didik Berkelas.. Salam literasi, Merdeka!

Sundari, S.Pd, M.Pd

Views All Time
Views All Time
26
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY