LDK Sarana Mencetak Calon Pemimpin Masa Depan

0
98

Bertempat di ruang Laboratorium MIPA sebanyak 40 siswa siswi anggota pengurus OSIM MTsN 3 Mataram yang terpilih mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang dilaksanakan selama 2 hari mulai hari Sabtu (14/9/2019) hingga Ahad 15 September 2019.

Bertindak sebagai pembawa acara pada pembukaan LDK adalah Ketua Osim Anggun Prasetya, membacakan susunan acara yang diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu wajib Padamu Negeri, dilanjutkan dengan pelaporan Waka Kesiswaan Lalu Junaidi, sambutan Kepala Madrasah H. Suparman dan diakhiri dengan doa oleh Delun, S.PdI. Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kapala Tata Usaha MTsN 3 Mataram Nurlaila Ismi, pembina Osim Lalu Hirwandi dan Pelatih Pramuka Iskandar, S.Pd.

Dalam pelaporannya Lalu Junaidi selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan LDK di MTsN 3 Mataram ini adalah untuk menumbuhkan sikap kepemimpinan yang ada dalam diri pribadi siswa sebagai pengurus OSIM, dan menumbuhkan pola pikir menjadi pemimpin yang inovatif dan kreatif.

Junaidi menambahkan kegiatan LDK dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut (Sabtu dan Ahad) mulai pukul 14.00 – 17.00 WITA dengan siswa sebanyak 40 orang yang terdiri dari Kelas VII dan VIII. Adapun materinya yang disampaikan kepada peserta LDK oleh pemateri atau tutor dari dalam madrasah maupun luar madrasah seperti Kantor Bahasa Provinsi NTB dan Kwarcab Kota Mataram adalah pada hari pertama Kepemimpinan dan Organisasi, Prilaku dan Tata Tertib Madrasah, dan Pengenalan Organisasi dan Pengurus OSIM MTsN 3 Mataram. Sedangkan hari kedua adalah Teknis pembuatan surat menyurat oleh Kantor Bahasa Provinsi NTB, Profil Generasi Islam, Materi LKBB oleh Kepala Kwarcab Kota Mataram dan Dinamika Kelompok, jelasnya Junaidi.

Sementara Kepala MTsN 3 Mataram H. Suparman dalam arahannya mengungkapkan bahwa pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan atau LDK ini merupakan suatu hal yang sangat positif dan baik sekali untuk diikuti oleh anak-anakku yang terpilih menjadi Osim. “Karna ketika kita menjadi manusia maka kita menjadi pemimpin pada diri kita sendiri sesuai konsep agama sebagaimana bapak ibu guru kalian adalah pemimpin pada keluarganya”, jelasnya.

Menurut Suparman bahwa kegiatan latihan kepemimpinan ini sangat bermanfaat bagi siswa yang mengikutinya untuk masa mendatang. Ia mengatakan Hari ini kalian menjadi siswa madrasah, lima belas tahun yang akan datang tidak menutup kemungkinan kalian sudah menjadi orang-orang sukses. Bisa jadi esok ada yang menjadi dokter, dosen, guru, polisi, direktur perusahan, atau bisa jadi menjadi seorang kepala sekolah bahkan presiden, bupati, atau gubernur berkat mengikuti proses latihan menjadi seorang pemimpin melalui kegiatan LDK. Para peserta LDK tampak mengamini apa yang diungkapkan oleh Kepala Madrasah.

Maka dari 549 orang siswa lanjut Suparman kalian yang 40 orang terpilih ini harus bersyukur telah mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan kepemimpinan minimal untuk teman-teman kalian yang ada di madrasah dan sangat lebih bagus lagi kedepannya bisa diterapkan dalam keluarga dan masyarakat. “Oleh sebab itu saya berpesan kepada kalian untuk mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, usai kegiatan tidak sekedar telah ikut tapi bagaimana penerapannya dalam sehari-hari minimal menjadi contoh yang baik bagi temannya, rajin, tanggungjawab dan disiplin”, harap Suparman. (@ruslanwahid)

Views All Time
Views All Time
20
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY