LITERASI ASYIK DI SDN MESALEE OLEH : JUWITA,S.Pd

0
9

LITERASI ASYIK DI SDN MESALEE

OLEH : JUWITA,S.Pd

SDN Mesalee masih satu gugus dengan gugus xII SDN 1Indrapuri yaitu sekolah tempat penulis bertugas, namun jaraknya lumayan jauh dari gugus. Senin 3 Desember 2018 penulis meluncur ke Mesalee untuk misi gerakan literasi, ditengah perjalanan menuju ke Mesalee, penulis banyak  menemui sapi-sapi yang asyik tiduran dijalan,anehnya sapi tersebut meskipun sudah diklakson namun ogah untuk bangun, terpaksa penulis turun dari kereta dan mengusirnya. Jam 9.30 wib sampai juga di sekolah SDN Mesalee, penulis melihat murid sedang melaksanakan shalat dhuha bersama guru agama dan juga ibu kepala sekolah. Sambil menunggu usai shalat dhuha penulis dipersilahkan masuk ke ruang kantor terlebih dahulu oleh guru yang lain. Asyik berbincang-bincang dengan para dewan guru lalu kepala sekolah masuk ke kantor, penulis langsung menyalami kepala sekolah serta tidak membuang waktu langsung menyerahkan surat izin GELIS serta menjelaskan maksud kedatangan. Kepala sekolah ibu Nazaryani,S.Pd sangat antusias menyambut gerakan literasi tersebut, dan mempersilahkan penulis untuk melakukan acara sosialisasi gerakan literasi di ruang mushalla. Guru pendamping ibu Rahmi,S.Pd dan Hafidhah,S.PdI membantu penulis menyiapkan spanduk serta mengatur posisi duduk siswa.

Gerakan literasi di SDN Mesalee penulis menyepakati bersama siswa dan guru  untuk menulis puisi tentang kisah-kisah keseharian, tentang guru , tentang orang tua dan sebagainya, siswa yang dilibatkan adalah siswa kelas atas yaitu  dari kelas IV sampai kelas VI. Guru pendamping terlihat sangat aktif membimbing siswa bersama penulis untuk memberikan ide-ide dalam menulis puisi.

Siswa duduk dengan tertib saat mendengarkan penjelasan dari penulis dan langsung kami sepakat untuk menulis puisi dengan durasi waktu 1 jam. Jam sudah menunjukkan pukul11.00 wib, ternyata siswa di SDN Mesalee sangat pintar-pintar membuat puisi, bagi siswa yang sudah selesai  mereka mengumpulkan karya pada guru pendamping.

Selesai siswa membuat puisi  diakhir gerakan literasi penulis menyampaikan kepada guru dan siswa  bahwa sekolah harus merampungkan karya siswa dan bila ada siswa yang ingin menulis lagi puisi silahkan ditulis lagi, nantinya karya siswa tersebut akan dikirim kepercetakan hingga menghasilkan karya menjadi sebuah buku ber-ISBN. Penulis juga berpesan kepada guru dan siswa di sekolah tersebut bahwa sekolah harus peka terhadap bakat minat siswa serta jangan berhenti meningkatkan budaya membaca dan menulis dan berkompetensi lewat literasi.Tidak lupa kami untuk mengabadaikan kegiatan dengan photo bersama.

 

PUISI KARYA SISWA SDN MESALEE

IBU

( Karya : Raisya  Amalia Putri )

 

 

Ibu,,,

Betapa susahnya kau mengandungku selama 9 bulan

Betapa susahnya kau melahirkanku

Engkau memanjakanku dengan kasih sayang

Engkau menimangku dengan buaian

 

Ibu,,,

Engkau bekerja dengan sabar

Engkau tiada peduli keringat bercucuran

Engkau tiada peduli hujan membasahi

Demi keluarga dan sekolahku

 

 

Ibu,,,

Jasamu tiada terbalas

Engkau merawatku hingga ku besar

Termakasihku untukmu Ibu

Do’aku setiap waktu selalu untukmu  ibu

Semoga Allah mengampuni dosamu

memberimu balasan surga

Views All Time
Views All Time
23
Views Today
Views Today
1
Previous articleWISATA LITERASI DI SDN LIMO OLEH : JUWITA,S.Pd
Next articleLESTARI LITERASI DI SDN MUREU OLEH : JUWITA,S.Pd
Nama :Juwita, S.Pd Tempat tanggal lahir :Aceh besar 15 Maret 1978 Tempat tugas :SDN 1 Indrapuri Hobi: membaca, menulis, dan bersih-bersih Berstatus kawin dan memiliki 1 putri dan 2 orang putra, Tinggal di Desa Lambunot, Kecamatan Simpang Tiga,Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Mengecap pendidikan Min Paya Seunara Sabang, Lalu SMP 6 Kota Sabang,SMU di Banda Aceh, Lalu kuliah D-II di STKIP Getsempena. Melanjutkan S-1 FKIP Universitas Serambi Mekkah. Menjadi guru PNS April 2006,pertama mendapat SK di SDN Mureu Indrapuri, setahun kemudian di mutasi ke SDN 1 Indrapuri sampai sekarang,,, Pengalaman selama menjadi guru,,, pernah bersama DBE-2 sebagai fasilitator Sains, Fasilitator di HKI, Guru inti di gugus, dan memfasilitasi beberapa kegiatan di UPTD. Dalam mengembangkan kompetensi pernah mengikuti guru berprestasi tahun 2014, namun hanya mendapat juara 3 tingkat provinsi. Terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk dapat bergabung di blog.igi yang is the best,,semoga kita selalu sharing and growing together. salam satu hati guruku di Indonesia, ditangan kita ujung tombak bangsa.

LEAVE A REPLY