LITERASI BESTARI DI SDN SIHOUM OLEH : JUWITA,S.Pd

0
3

LITERASI BESTARI DI SDN SIHOUM

OLEH : JUWITA,S.Pd

Kamis 10 Januari 2019 tepat jam 8.20 wib penulis tiba di sekolah SDN Sihoum, SDN terletak di kecamatan Indrapuri namun tidak satu gugus dengan gugus XII SDN 1Indrapuri. Kehadiran penulis disambut hangat oleh kepala sekolah dan ibu Lisa Fiyerni, ibu Lisa Fiyerni,S.Pd adalah teman sejawat penulis, kami kawan dalam satu karya yaitu buku antologi puisi dan satu buku lagi yang berjudul ”guru hebat bersyariat menuju abad 21 yang sudah diterbitkan oleh CV. Arga Pustaka dan ber-ISBN. Penulis langsung dipersilahkan masuk ke ruang kepala sekolah, kepala sekolah bapak  Zarhadi,S.Pd menyambut penulis dengan sangat ramah serta menyuguhkan makan sarapan pagi, beliau juga sangat mendukung GELIS yang diprakarsai oleh IGI dan beliau merupakan salah satu pengurus aktif IGI Aceh Besar. Dewan guru juga mempersilahkan penulis untuk mencicipi makanan kecil yang sudah disiapkan diatas meja beserta teh hangat. Sambil menikmati teh hangat penulis langsung memberikan surat izin GELIS kepada kepala sekolah dan menjelaskan maksud kedatangan ke sekolah tersebut. Tanpa buang waktu guru pendamping ibu Lisa Fiyerni,S.Pd dan ibu Ernawati,S.Pd langsung mempersiapkan ruang dan siswa kelas IV, V dan VI untuk berkarya. Acara sosialisasi kami lakukan dii halaman sekolah tetapi saat siswa berkarya kami laksanakan di dalam ruang  kelas, kami sepakat untuk menulis puisi dan durasi waktu selama 1 jam, dan penulis menekankan tdak boleh karya puisinya plagiat.

Jam hampir menunjukkan pukul 10.00 wib, beberapa siswa terus aktif dan terlihat sangat serius menulis puisi, Penulis dan siswa sepakat waktu untuk menulis sampai jam 11.00 wib. Setelah semua siswa siap menulis puisi lalu dikumpulkan oleh ibu guru pendamping. Penulis dan guru tidak membatasi puisi untuk hari itu saja tapi memberi kesempatan pada siswa untuk menulis puisi selama satu minggu kedepan dan puisinya dikumpulkan lagi sama guru pendamping.

Diakhir gerakan literasi penulis menyampaikan kepada guru dan siswa  bahwa sekolah harus mengetik karya siswa tersebut, nantinya karya siswa tersebut akan dikirim kepercetakan CV Arga Pustaka sehingga menghasilkan karya menjadi sebuah buku ber-ISBN. Penulis juga berpesan kepada guru dan siswa di sekolah tersebut agar jangan berhenti meningkatkan kompetensi lewat literasi. Akhir kegiatan kami tidak lupa pula melakukan sesi photo bersama.

                             PUISI  KARYA SISWA SDN SIHOUM

Pahlawan Pendidikan

( Karya :  Lutfi Al Sidiq )

 

Andai kata matahari tiada

Dunia akan beku dan bisu

Pelangi tiada akan pernah terpancar

Kehidupan tiada akan pernah terlaksana

Di saat kami ditengah kegalauan dalam mencicipi ilmu pengetahuan

Terpancar secercah cahaya dari bilik bibirmu…

 

Guruku…

Bekal yang kau tanami kepada kami

Akan kami gali untuk masa depan kami

Akan kami ingat ketulusan dan kesabaranmu dalam mendidik

Jasa-jasamu yang selalu sabar membimbing kami

Tak kan pernah bisa terganti

 

Guruku…

Terimakasih atas semua nasehat yang telah engkau beri

Terimakasih atas segala kebaikan yang telah engkau saji

Tak dapat kami balas segala kebaikanmu selama ini

Kau hadir bak mentari di pagi hari

Yang selalu bersinar sepanjang hari

 

Guruku…

Maafkan atas segala kesalahan kami

Maafkan atas segala kenakalan kami

Doakan kami agar kami menjadi anak yan berbakti

 

Guruku…

Tiada kata yang pantas kami ucapkan

Selain terimakasih atas semua jasa-jasamu

Engkau adalah pahlawan pendidikan bagi kami

Engkau pahlawan yang tak pernah mengharap balasan

Jasa-jasamu akan kami semat abadi

Sepanjang hidup kami

Terimakasih guruku, engkau pahlawanku

Views All Time
Views All Time
10
Views Today
Views Today
4
Previous articleLESTARI LITERASI DI SDN MUREU OLEH : JUWITA,S.Pd
Next articlePERJALANAN LITERASI SIAP DI ISBN-KAN
Nama :Juwita, S.Pd Tempat tanggal lahir :Aceh besar 15 Maret 1978 Tempat tugas :SDN 1 Indrapuri Hobi: membaca, menulis, dan bersih-bersih Berstatus kawin dan memiliki 1 putri dan 2 orang putra, Tinggal di Desa Lambunot, Kecamatan Simpang Tiga,Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Mengecap pendidikan Min Paya Seunara Sabang, Lalu SMP 6 Kota Sabang,SMU di Banda Aceh, Lalu kuliah D-II di STKIP Getsempena. Melanjutkan S-1 FKIP Universitas Serambi Mekkah. Menjadi guru PNS April 2006,pertama mendapat SK di SDN Mureu Indrapuri, setahun kemudian di mutasi ke SDN 1 Indrapuri sampai sekarang,,, Pengalaman selama menjadi guru,,, pernah bersama DBE-2 sebagai fasilitator Sains, Fasilitator di HKI, Guru inti di gugus, dan memfasilitasi beberapa kegiatan di UPTD. Dalam mengembangkan kompetensi pernah mengikuti guru berprestasi tahun 2014, namun hanya mendapat juara 3 tingkat provinsi. Terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk dapat bergabung di blog.igi yang is the best,,semoga kita selalu sharing and growing together. salam satu hati guruku di Indonesia, ditangan kita ujung tombak bangsa.

LEAVE A REPLY