LITERASI DI SDN SIBREH

0
16

OLEH : SRI AFRIANI,S.PD (TIMLITERASI ACEH BESAR)

Kegiatan Literasi di SDN Sibreh, Aceh Besar.

Begitu kami melangkahkan kaki di SDN Sibreh Aceh Besar, langsung disambut dengan senyuman hangat dari kepala Sekolah Khumaini, S.Pd dan beberapa orang guru di sekolah tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 11 Februari 2019. Ini merupakan hari kedua pelaksanaan Gerakan Literasi setelah sebelumnya telah dilaksanakan di SDN Lampeuneurut pada Hari Sabtu, tanggal 9 Februari 2019.

Kegiatan ini berlangsung di Aula KKG SDN Sibreh, yang diikuti oleh lebih kurang 96 siswa dari kelas 4 dan 5, yang terdiri atas 4 rombel kelas yaitu IVa, IVb, Va dan Vb, serta didampingi oleh wali kelas masing-masing. Guru dan siswa SDN Sibreh sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini, terlihat dari respon positif dari guru saat membimbing siswa dalam menulis.

Kegiatan yang  dipandu oleh Sri Afriani, S.Pd dan Anissatul Fajri, S.Pd selaku Tim Literasi Aceh Besar serta didampingi oleh Rusydi, S.Ag selaku Koordinator Literasi aceh Besar berhasil memotivasi siswa dalam menulis, sehingga nantinya akan terlahir generasi-generasi penulis dari Aceh Besar.

Literasi lebih dari sekedar kemampuan membaca dan menulis, namun literasi juga bisa kita kembangkan lebih jauh lagi, seperti keterampilan dalam menggunakan sumber-sumber ilmu pengetahuan, baik yang berdasarkan pengalaman (internal) maupun dari lingkungan ( eksternal).

Sabda Rasulullah SAW dalam HR. Ibnu Majah “ Menuntut ilmu itu suatu kewajiban bagi setiap muslim”, Hadist tersebut memberikan dorongan yang amat kuat kepada kaum muslimin untuk belajar mencari ilmu sebanyak-banyaknya, salah satunya dengan kegiatan yang dilaksanakan sekarang. Dengan kegiatan menulis, tentunya memerlukan banyak referensi dalam mengembangkan tulisan menjadi kaya informasi.

Salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan literasi di Sekolah- sekolah SPT di Aceh Besar yaitu dapat mengembangkan budaya literasi di sekolah. Adapun manfaat dilaksanakan kegiatan ini, dapat menghasilkan generasi yang berkarakter dan dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan mendidik seperti memanfaatkan perpustakaan dengan maksimal, pojok baca di dalam kelas, taman bacaan, maupun lingkungan sekolah sebagai media literasi di sekolah.

Hasil dari kegiatan hari ini, ada beberapa siswa yang sudah mampu menulis puisi dan pantun hasil karya sendiri dan mampu mempresentasikannya dengan percaya diri. Kegiatan tersebut tidak hanya sampai disini, akan tetapi aka nada pendampingan dalam menulis buku sampai dua bulan kedepan.

Views All Time
Views All Time
15
Views Today
Views Today
1
Previous articleBerliterasi dalamTraining Motivasi
Next articleAYOLAH MENULIS!!!
Nama :Juwita, S.Pd Tempat tanggal lahir :Aceh besar 15 Maret 1978 Tempat tugas :SDN 1 Indrapuri Hobi: membaca, menulis, dan bersih-bersih Berstatus kawin dan memiliki 1 putri dan 2 orang putra, Tinggal di Desa Lambunot, Kecamatan Simpang Tiga,Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Mengecap pendidikan Min Paya Seunara Sabang, Lalu SMP 6 Kota Sabang,SMU di Banda Aceh, Lalu kuliah D-II di STKIP Getsempena. Melanjutkan S-1 FKIP Universitas Serambi Mekkah. Menjadi guru PNS April 2006,pertama mendapat SK di SDN Mureu Indrapuri, setahun kemudian di mutasi ke SDN 1 Indrapuri sampai sekarang,,, Pengalaman selama menjadi guru,,, pernah bersama DBE-2 sebagai fasilitator Sains, Fasilitator di HKI, Guru inti di gugus, dan memfasilitasi beberapa kegiatan di UPTD. Dalam mengembangkan kompetensi pernah mengikuti guru berprestasi tahun 2014, namun hanya mendapat juara 3 tingkat provinsi. Terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk dapat bergabung di blog.igi yang is the best,,semoga kita selalu sharing and growing together. salam satu hati guruku di Indonesia, ditangan kita ujung tombak bangsa.

LEAVE A REPLY