Literasi Sekolah di Alam Terbuka

0
13

Sekolah Indonesia Kuala Lumpur pada setiap pagi Jum’at pagi akan mengadakan program Jum’at Sihat atau Literasi Bersama secara bergantian. Sesuai jadwal dan ketentuan, semua guru dan siswa akan hadir dan duduk manis di halaman sekolah untuk kegiatan senam atau literasi, baik itu membaca, mendengar, dan juga bercerita.

Literasi massal di alam terbuka memiliki nuansa semangat dan tentunya menciptakan kebersamaan serta kerjasama antar siswa. Pada sesi mendengarkan paparan dari siswa yang dapat tugas merefleksikan kembali bacaannya, para siswa memiliki daya tangkap dan daya ingat yang berbeda. Di sinilah letak peran guru pendamping untuk memastikan para siswa memiliki daya tangkap dan daya ingat yang tidak terlalu jauh dari yang lain.

Tentu kiat yang perlu diterapkan adalah dengan mengkondidikan suasana supaya tertib dan hening serta fokus terhadap siswa yang sedang menyampaikan hasil bacaannya saat berlangsungnya literasi dimaksud.

Keberhasilan program literasi tidak semata pada kehadiran dan kemampuan siswa membaca, menyimak dan menyampaikan kembali apa yang mereka baca, tetapi juga bergantung pada keseriusan dan kemampuan guru pendamping mengkondisikan sasana yang kondusif sepanjang program literasi berlangsung.(*)

Sekadar berbagi dari IGI Malaysia

KL: 20072018

Views All Time
Views All Time
112
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY