Liveboard, Papan Tulis Digital untuk Guru Masa Kini

0
33

Oleh : Eka Fitriani, S.Pd
(Guru SMP Negeri 5 Muara Enim)

Tuntutan kemajuan zaman yang serba cepat serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era ini membuat kita sebagai pendidik menjadi semakin berpikir keras. Berbagai upaya dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi diri dan kualifikasi akademik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jangan sampai kita menjadi guru yang ‘ketinggalan zaman’. Memanfaatkan berbagai fasilitas pengajaran yang dapat dikombinasikan dengan IT (Information dan technology) sebagai bahan ajar di dalam kelas merupakan salah satu cara guru untuk menjalankan keprofesionalannya. Guru dapat mengakses informasi tentang berbagai metode, model, teknik/strategi pembelajaran dengan mudah di mana dan kapan saja lewat gawai yang mereka punya.
Namun, tak banyak dari guru mengetahui bahwa sebenarnya gawai tidak hanya dipakai untuk mengakses informasi saja. Akan tetapi melalui platformnya, kita bisa memanfaatkan sebagai media pembelajaran. Bahkan, kita pun bisa melibatkan para peserta didik dan melakukan kegiatan belajar mengajar seperti di dalam kelas ataupun di luar lingkungan sekolah.
Liveboard, salah satu contohnya. Aplikasi berbentuk papan tulis digital ini sangat mudah dioperasikan. Dengan berbagai tools (peralatan) yang disediakan, guru dapat berkreasi membuat media pembelajaran seperti halnya pada powerpoint seperti menulis, menggambar ataupun menyisipkan gambar. Bahkan, aplikasi ini sedikit lebih canggih. Terdapat fasilitas recording (merekam) aktivitas di liveboard dan akan otomatis tersimpan. Begitupun halnya dengan para peserta didik. Mereka bisa lebih bisa kreatif dalam mengoptimalkan penggunaan gawai sebagai media belajar online (dalam jaringan).
Beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti kegiatan pelatihan Training of Coach (TOC) tentang pengoptimalan penggunaan liveboard sebagai media pembelajaran dan diskusi dalam jaringan (daring) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Balai Insan Cendekia (LPP-BIC) yang bekerjasama Komunitas Guru Masa Depan (KGMD). Dengan bimbingan tutor (instruktur), para peserta dibimbing cara mengoperasikan liveboard serta membuka kelas virtual. Sebelumnya, peserta diberikan e-book tentang materi liveboard beserta tugas-tugas yang harus dikumpulkan seteleh mengikuti kegiatan ini.
Setelah kegiatan berakhir, para peserta pelatihan diminta untuk praktik lapangan (magang) di sekolah masing-masing. Maka, dalam kesempatan ini saya mengaplikasikan pada satu kelas saja di kelas sembilan sebagai pilot project dengan mata pelajaran yang saya ampu, yaitu bahasa Inggris. Para peserta didik terlihat sangat antusias dan bersemangat. Mereka pun menjadi lebih kreatif dalam memanfaatkan gawai sebagai media pembelajaran selain alat komunikasi.
Kegiatan ini ternyata mendapat respon positif dari para peserta didik dari kelas lain. Mereka meminta kegiatan serupa bisa dilaksanakan di kelas mereka. Begitupun dengan teman-teman guru yang lain. Ada rasa ingin tahu muncul di diri mereka setelah saya memperkenalkan sekilas tentang liveboard. Alhasil, beberapa orang guru akhirnya ikut menggunakan liveboard sebagai media pembelajaran di kelas.
Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan liveboard adalah sebagai berikut:
1. Guru dapat memberikan materi pembelajaran kapan pun dan di mana pun tanpa ada batasan waktu.
2. Guru menjadi lebih kreatif dan berinovasi menemukan pembaharuan dalam bidang pendidikan dan yang terkait dengan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.
3. Siswa menjadi lebih interaktif, kreatif dan termotivasi di saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Kualitas peserta didik tergantung dari kualitas pendidiknya (guru). Diperlukan usaha yang kuat untuk dapat menciptakan output pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Liveboard bisa menjadi alternatif bagi guru untuk mengembangkan kreativitasnya tanpa berbatas waktu, di mana pun dan kapan pun. Mari tingkatkan profesionalisme agar menjadi guru kreatif, guru masa kini.

Views All Time
Views All Time
94
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY