LPMP RIAU MENYELENGGARAKAN BIMTEK GURU SASARAN KURIKULUM 2013 JENJANG SMP DI INHIL

0
24

Catatan Kecil : Guslaini, S.Si., M.Pd

Dok. pribadi

Gambar. Photo Bersama Instruktur dan Peserta Kelas Matematika

“Generasi Hebat ada ditanganmu, Maju atau tidaknya suatu negara engkaulah sebagai ujung tombaknya”

Perubahan kurikulum sebagai tuntutan dalam menjawab perubahan dinamika kehidupan bagi dunia pendidikan. Hal ini menjadikan suatu negara sebagai kiblat bagi kemajuan negara tersebut dimata negara lain di dunia khsususnya dunia pendidikan. Tidak terlepas dari hal tersebut Indonesia berbenah untuk menjawab tantangan perubahan dinamika kehidupan yang menuntut untuk dilakukan perubahan dalam dunia pendidikan. Pemberlakukan Kurikulum 2013 (K13) dilatar belakangi oleh Permendikbud pasal 4 no 160 tahun 2014 tentang pemberlakuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dan K13 bahwa “Satuan dasar pendidikan dan pendidikan menengah dapat melaksanakan KTSP paling lama sampai dengan tahun pelajaran 2019/2020”. Hal ini memberikan kesempatan kepada sekolah yang masih menerapkan KTSP untuk berbenah dalam mempersiapkan sekolahnya menuju pengimplementasian K13 dengan kesiapan yang optimal.
Dalam mengimplementasikan K13 di sekolah-sekolah yang melibatkan peran serta kepala sekolah dan guru untuk meningkatkan kompetensi dibidangnya maka Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah melakukan pembinaan secara berkesinambungan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) yang melibatkan peranserta Direktorat Pembinaan SMP, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) dan Dinas Pendidikan Kabupaten dimasing-masing daerah sesuai dengan tugas masing-masing.

Bimtek Guru Sasaran K13 yang diselenggarakan oleh LPMP Riau melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir pada tanggal 11 – 15 Juni 2017 yang pembukaannya berlangsungdi Hotel Inhil Pratama (IP) diikuti beberapa guru bidang studi (Matematika, PPKN, IPS, IPA, PAI, B. Inggris, Prakarya, B.Indonesia). Kegiatan yang dibuka langsung secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Inhil Bapak H. M. Hatta Mas’ud dihadiri oleh LPMP Riau, Jajaran Dinas Pendidikan, dan peserta K13 (Kepsek dan Guru) berlangsung secara hikmat. Kegiatan K13 yang dibagi beberapa titik pelaksanaan seperti Aula Hotel IP, Hotel Tembilahan Pratama (TP), Hotel Arrahman 2, dan Wisma Sevira.

dok. pribadi

Kegiatan yang diketuai oleh Bapak Iswahyudi berlangsung selama 5 hari. Hari ke 1 dimulai dengan pretest sebagai parameter untuk melihat sejauh mana guru memahami tentang K13. Hari ke 2 tentang materi umum K13 seperti Kebijakan dan Dinamika Perkembangan Kurikulum 2013, dan materi Penguatan Pendidikan Karakter. Hari ke 3 Teknik dan Panduan Pembuatan LK ( menganalisis SKL, Analisis Dok, format analisis Buku Siswa, Lampiran praktek, Pengolahan penilaian sikap, pengetahuan, ketrampilan dll). Hari ke 4 teknik dan panduan pembuatan RPP, pengolahan penilaian sikap wali kelas). Hari ke 5 penutupan kegiatan. Kegiatan yang dibagi beberapa kelompok kemudian didiskusikan melalui penampilan kelompok yang disajikan didepan kelas kemudian ditelaah oleh kelompok lain menjadikan suasana kelas dalam diskusi menjadi hangat dan terarah dengan baik. Sebagai intrsuktur untuk bidang studi Matematika Ibu Hj. Yuliani, S.Pd (Guru SMPN 2 Tembilahan Hulu) dan Instruktur Bidang studi IPA Bapak Yesrahmattulah, S.Si (Guru SMPN 1 Tembilahan Kota). Kegiatan yang dipandu langsung oleh instruktur kabupaten menjadikan kegiatan ini terarah dan berjalan dengan baik, meskipun masih ada kekurangan namun tidak mengurangi esensi dari Bimtek terhadap guru sasaran K13.

Harapan terbesar dengan diselenggarakannya Bimtek K13 ini menjadikan guru semakin meningkat secara komptensi, terarah, dan mampu mengimplementasikan apa yang sudah dipelajari dalam bimtek tersebut. Tentunya guru jug aberharap kegiatan ini harus berkesinambungan dan tepat sasaran dalam pelaksanaannya sesuai kebutuhan realitas guru dilapangan.
***

Views All Time
Views All Time
24
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY