Macam-macam Media Pembelajaran

0
254

Macam-macam Media Pembelajaran

Siswa secara langsung maupun tidak langsung sering melihat bermacam-macam media pembelajaran, seperti : radio, TV, poster/gambar, kaset, peta, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan sebagainya. Macam-macam media pembelajaran dikelompokkan oleh Isbani (1986 : 60), yaitu :

  1. Media audio
  2. Media visual
  3. Media gambar mati
  4. Media gambar hidup (Isbani, 1986 : 60).

Dalam proposal tesis ini media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran visual atau still visual yang berupa gambar.

Isbani menyatakan, media pembelajaran visual adalah “media yang dapat menyampaikan informasi secara visual dapat dilihat dan dapat diamati” (Isbani, 1986 : 61).

 

  1. Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

Berbagai macam media pembelajaran yang berbeda-beda, menyebabkan guru dalam menggunakan media pembelajaran perlu menentukan kriteria pemilihan media pembelajaran.

Isbani (1986 : 49-50) menyatakan kriteria pemilihan media pembelajaran sebagai berikut :

  1. Sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
  2. Ketepatgunaan / fungsionalisasi
  3. Besar kecilnya jumlah siswa
  4. Fasilitas yang tersedia
  5. Sesuai dengan ketrampilan guru
  6. Murah praktis dan ekonomis
  7. Dapat menggambarkan benda aslinya

 

Kriteria pemilihan media pembelajaran di atas telah disesuaikan dengan media pembelajaran gambar yang digunakan dalam penelitian antara lain sesuai dengan tujuan pokok bahasan yang ingin dicapai, memanfaatkan fasilitas yang sudah ada dengan keterampilan guru dan jumlah siswa di sekolah lanjutan atas, murah, praktis, dan ekonomis serta dapat menggambarkan benda aslinya. Keuntungan media pembelajaran gambar adalah : “(a) Sederhana, (b) Murah, (c) Mudah digunakan tujuan tertentu, (d) Mudah disimpan’ (Isbani dan Sardjono, 1986 : 30)

Views All Time
Views All Time
412
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY