MAN Kota Batu Selenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) OSIS dan MPK Tahun Pelajaran 2019-2020

0
3

S
abtu, 26 Oktober menjadi hari yang bersejarah bagi pengurus OSIS dan MPK MAN Kota Batu terpilih, karena pada hari itu mereka akan mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS dan MPK periode 2019-2020. Acara ini berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 26-27 Oktober 2019. Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Madrasah di ruang Multimedia tersebut diikuti oleh 53 Pengurus OSIS dan 10 Pengurus inti MPK yang terdiri dari siswa kelas X dan XI. Adapun tema LDKS OSIS dan MPK kali ini adalah Membangun Karakter Pemimpin yang Bermoral, Inovatif, Disiplin, dan Berakhlakul Karimah untuk Mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat.
“Pemimpin saat ini harus inovatif supaya dapat memajukan organisasi yang dipimpinnya, namun juga harus tetap mengedepankan moral dan akhlakulkarimah, sedangkan syarat untuk mencapai kesuksesan tersebut adalah dengan menjaga kedisiplinan.” Kata Kepala Madrasah, Bapak H. Sudirman, S.Pd., M.M. dalam sambutannya. Beliau mencontohkan Menteri Pendidikan yang masih berusia muda namun memiliki daya inovasi tinggi dan prestasi yang luar biasa sehingga mampu berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara. LDKS sangat penting untuk mencetak pemimpin-pemimpin hebat yang akan mewujudkan madrasah semakin hebat bermartabat.
Menurut ketua panitia, Ibu Ana Rahmawati, S.Pd, “LDKS kali ini berbeda dengan LDKS yang diselenggarakan tahun-tahun sebelumnya. Pertama pemateri LDKS kali ini dipilih orang-orang yang benar-benar kompeten di bidangnya, seperti Ketua BEM (Badan Ekskutif Mahasiswa) untuk materi kepemimpinan, tenaga dari RRI (Radio Republik Indonesia) untuk materi komunikasi organisasi, dan sebagainya. Kedua, dengan melibatkan langsung seluruh Pembina Seksi Bidang OSIS untuk membantu pelaksanaan LDKS. Ketiga, materi yang dipilih berdasarkan kemanfaatan untuk kepengurusan OSIS dan MPK setahun kedepan atau selama periode kepengurusan.” Hal ini bertujuan agar setelah mengikuti LDKS pengurus OSIS dan MPK dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan tercapai target yang ingin dicapai.
Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan LDKS ini dibagi menjadi dua kategori, yakni materi mental yang diselenggarakan pada hari pertama dan materi fisik yang dilaksanakan pada hari kedua. Materi mental dilaksanakan di dalam ruang Multimedia MAN Kota batu meliputi: 1) Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi, 2) Komunikasi dalam Organisasi, 3) Manajemen Konflik dan Problem Solving, 4) Administrasi Organisasi, dan 5) Bimbingan Mental dan Spiritual. Materi fisik di laksanakan di Wana Wisata Coban Rondo yang meliputi: 1) Senam pagi, 2) Dinamika Kelompok, 3) Outbond, dan 4) Pelatihan Baris Berbaris (PBB).
Materi Dinamika Kelompok dan Outbond diselenggarakan dengan lebih menitikberatkan pada kerjasama tim untuk memecahkan permasalahan tertentu. Anggota organisasi hendaknya mampu berkolaborasi dan bekerjasama dengan anggota yang lain dalam menjalankan tugasnya. Sebuah organisasi akan berhasil apabila mampu melaksanakan fungsi adaptasi, mempunyai tujuan yang sama (goal), bersatu dan kompak (integrasi), dan memelihara nilai-nilai positif di dalam organisasi (latency). Semoga dengan terselenggaranya kegiatan LDKS OSIS dan MPK ini MAN Kota Batu dapat mencetak pemimpin yang bermoral, inovatif, berakhlakul karimah, dan disiplin agar terwujud madrasah yang semakin hebat bermartabat. Amiin.

Views All Time
Views All Time
5
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY